Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Bangun Jalur Sepeda untuk Alternatif Transportasi

Kompas.com - 15/07/2010, 19:35 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Infrastruktur untuk sepeda sebagai salah satu alternatif moda transportasi di sejumlah wilayah di Singapura mulai dibangun dan dapat digunakan tahun 2014.

Otoritas Transportasi Darat atau Land Transportation Authority (LTA) Singapura menyebutkan, wilayah Changi-Simei dan Bedok akan memiliki jalur khusus sepeda.

Jalur sepeda ini akan menjadi pelengkap infrastruktur sepeda yang sudah ada dalam kawasan apartemen housing and development board (HDB) dan akan selesai tahun 2014.

Menteri Senior Bidang Transportasi Teo Ser Luck mengatakan, dengan jalur sepeda, masyarakat dapat bersepeda dari rumah mereka ke titik transportasi, sedangkan para pekerja dapat bersepeda dari titik transportasi ke tempat kerja mereka dan sekitarnya.

Rencana serupa untuk lima wilayah lainnya, bernilai 43 juta dollar Singapura, akan diumumkan pada Februari 2011.

Pembangunan jalur khusus sepeda di Tampines dan Yishun sudah dimulai. Jalur pertama sepanjang 1,2 kilometer di Tampines akan dapat digunakan mulai hari Minggu ini.

LTA menyebutkan, pekerjaan jalur sepeda di lima wilayah di Singapura diharapkan selesai seluruhnya tahun 2012. LTA menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Urban Redevelopment Authority dan National Parks Board untuk membangun jalur sepeda di Marina Bay.

Para pesepeda di Singapura dapat menunggu pembangunan jalur khusus sepeda sepanjang 16 km sampai tahun 2014. Pembangunan jalur sepeda ini dimulai tahun ini juga dengan dana 26 juta dollar Singapura.

Pemerintah Singapura juga akan menggelar sejumlah program promosi bersepeda dengan aman. Program ini digelar melalui Safe Cycling Clinics dan Safety Talks, serta acara lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com