Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Thailand Cari Pasar Baru di Vietnam dan Kamboja

Kompas.com - 15/07/2010, 18:15 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Para pengembang properti Thailand mulai mencari peluang baru dengan mencari pasar mancanegara karena ketatnya kompetisi di pasar Thailand.

Konsultan properti internasional CB Richard Ellis hari Kamis (15/7/10) menyebutkan, pengembang Thailand mencari pasar properti di Vietnam dan Kamboja karena kedekatan lokasi, tingkat pengembangan, dan fakta bahwa kompetisi lokal, tidak sebaik pasar Malaysia, misalnya.

“Banyak peluang dalam pasar Vietnam dan Kamboja, mulai dari pembangunan perkantoran pusat kota, ritel, residensial, hotel, sampai pasar resort yang terus tumbuh,” kata James Pitchon, Kepala Riset dan Konsultansi CBRE Thailand.

 Dia memperkirakan ini akan menunjukkan suatu tantangan bagi pengembang akan peraturan pemerintah tentang pengembangan dan kepemilikan properti yang berbeda di setiap negara dan dinamika setiap sektor properti di negara-negara ini juga berbeda dari Thailand.

“Informasi akurat tentang regulasi, penyediaan, permintaan, harga, kompetitor, dan prospek setiap sektor properti sangat penting bagi pengembang Thailand untuk bisa berhasil masuk pasar baru,” jelasnya. 

CBRE menmbuka kantornya di Vietnam tahun 2003 dan kini sudah lebih 200 profesional real estate bekerja di kantor di Ho Chi Minh City , Hanoi, dan Danang. Tim pemasaran, penelitian, konsultansi sudah bekerja sama dengan pengembang mancanegara dalam jumlah besar yang sukses membangun berbagai proyek baik di kawasan resort maupun di kota-kota besar.

CBRE berada di Phnom Penh, Kamboja, tahun 2009 dan memberikan advis kepada klien dalam pasar Kamboja untuk beberapa tahun sebelum kantor dibuka resmi.

David Simister, Chairman CBRE Thailand, Kamboja, dan Vietnam memberi usulan kepada Pemerintah Australia unuk mengakuisisi situs baru bagi kantor Kedubes tahun 2005.

“Sangat sedikit informasi yang terpublikasi dan tersedia dalam pasar properti Vietnam dan Kamboja. CBRE menjual dan menyewakan properti di negara-negara ini setiap hari. Itulah sebabnya mengapa kami memiliki data pemasaran terbaik dalam transaksi aktual dan penyediaan di masa depan. Kami memberikan data pemasaran terbaik untuk klien kami sehingga mereka mendapatkan pengetahuan terbaik yang membawa mereka menjadi sukses,” kata Pitchon.   Dia percaya banyak peluang dan kesempatan bagi para pengembang Thailand untuk mengakuisisi ataupun membangun properti di Kamboja maupun Vietnam, namun mereka butuh riset pasar yang akurat agar bisnis mereka berhasil.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com