Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orascom Kembangkan Proyek Perumahan Dekat Kairo

Kompas.com - 14/07/2010, 22:56 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Orascom Hotels & Development merencanakan membangun lebih dari 7.000 unit rumah untuk masyarakat menengah bawah di dekat Kairo, Mesir.

Demikian diungkapkan Omar El-Hitamy, Managing Director perusahaan yang membangun rumah sederhana kepada surat kabar yang terbit di Kairo Al Mar, seperti dilaporkan Bloomberg, Selasa (14/7/10).

Omar mengatakan perusahaannya masih menunggu persetujuan Pemerintah Mesir untuk menerima 124,6 acres (setara dengan 22.431.725 meter persegi atau 22,4 km2) lahan pengembangan Haram City di Kota 6 Oktober (Six of October).

Orascom Development Holding AG adalah pengembang terkemuka yang membangun kota terpadu di Mesir dan Timur Tengah dengan pengalaman lebih dari 18 tahun. Grup ini membangun kota terpadu dengan hotel, villa pribadi, dan apartemenm serta fasilitas seperti lapangan golf dan marina, serta infrastruktur pendukung.

Saat ini Orascom mengoperasikan tiga kota yaitu El Gouna, Taba Heights, dan The Cove, dengan 32 hotel dan 6.400 kamar, mengendalikan bank tanah seluas 141 juta meter persegi, dan memiliki 18.000 pekerja.

Pendiri perusahaan ini, Samih Sawiris, pebisnis asal Mesir, masih menguasai 60 persen saham bersama keluarganya.

Sejak kuartal keempat tahun 2006 silam, Grup Orascom meluncurkan rumah subsidi yaitu Orascom Housing Communities (OHC). Orascom mengalokasikan tanah seluas 8,4 juta meter persegi di Kota 6 Oktober, dekat Kota Kairo, untuk proyek ini. Di sini akan dikembangkan lebih dari 50.000 rumah dalam waktu 5 tahun sampai 7 tahun ke depan.

Infrastruktur kota terpadu ini meliputi sekolah, rumah sakit, kawasan komersial, kompleks sinema, klub olahraga, yang akan dioperasikan dan dikelola Pemerintah Mesir dan lembaga swadaya masyarakat.

Selain itu, Orascom juga membangun rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (budget housing communities) di Haram City.

Orascom juga membangun sejumlah proyek di Andermatt, Oman, Chbika, Amoun Island, Berenice, El Fayoum Oasis, dan Riyad Resort.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com