Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HDB Singapura Beli Panel Solar untuk Apartemen

Kompas.com - 12/07/2010, 20:51 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com -The Housing and Development Board (HDB), lembaga yang mengurusi masalah perumahan di Singapura membeli panel-panel solar senilai 2,3 juta dollar untuk dipasang di atap apartemen yang dibangun di Singapura.

Sampai akhir tahun 2010 ini, sedikitnya 3.000 unit residensial di Singapura akan dipasangi panel-panel solar. Atap apartemen yang akan dipasangi panel solar antara lain di Jurong, Aljunied, Telok Blangah, Bishan, Ang Mo Kio, dan Jalan Besar.

Untuk keperluan itu, HDB melakukan pembelian panel solar terbesar senilai 2,3 juta dollar dari Renewable Energy Corporation. Keputusan ini diambil menyusul turunnya harga teknologi solar.

Sejak tahun 2008, harga modul Solar PV turun hingga 55 persen, dari 5,17 dollar per Watts-peak turun menjadi 2,33 dollar/Wp.

Bekerja sama dengan kantor konsultan Amerika, Dresser & McKee, HDB Singapura akan memulai studi di Punggol. Studi ini bertujuan mengembangkan Key Performance Indicator (KPI) pada reduksi sampah, energi, dan air.

Tay Kim Poh, CEO HDB Singapura mengatakan, “Ketika kami dapat meletakkan energi terbarukan dalam bentuk panel solar, ini akan membantu mengurangi konsumsi energi dalam proyek-proyek perumahan HDB.”

Energi matahari akan membantu mengurangi konsumsi energi di wilayah umum, dan pada gilirannya akan menghemat pengeluaran masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com