Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Bandara Banten Selatan Selesai 2016

Kompas.com - 15/06/2010, 16:38 WIB

PANDEGLANG, KOMPAS.com - Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi, mengharapkan, agar pembangunan Bandar Udara Banten Selatan di Kecamatan Panimbang dapat selesai sesuai jadwal.

"Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Banten Selatan itu dijadwalkan rampung 2016, kami mengharapkan agar target itu bisa dicapai," katanya di Pandeglang, Selasa. Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, sangat mendukung pembangunan bandara tersebut karena akan berdampak positif bagi kemajuan daerah itu, khususnya sektor ekonomi.

"Secara ekonomi, saya yakin kita akan mengalami kemajuan pesat setelah bandara itu selesai dibangun, dan dampak pada kehidupan masyarakat di sekitarnya juga akan baik sekali," katanya.

Contoh kecil, kata dia, setelah bandara itu selesai, maka akan banyak bermunculan warung-warung di sekitarnya, serta akan banyak tenaga kerja terserap.

Terkait dengan lokasi bandara, ia berharap, agar para pihak terkait memperhatikan kondisi geografis dan tekstur tanah, agar fasilitas umum itu sesuai keinginan dan tidak cepat rusak. "Tekstur tanah harus menjadi perhatian utama, karena bandara kan butuh keamanan tinggi, jangan sampai tanahnya tidak kuat sehingga bangunan bandara cepat rusak," katanya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten, Toni Mukson, secara terpisah menjelaskan, lokasi pembangunan Bandara Banten Selatan di Kecamatan Panimbang Kabupten Pandeglang telah sesuai aturan kawasan keselamatan operasional penerbangan (KKOP).

Menurut politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, kalau lokasi pembangunan Bandara itu dipindahkan, maka butuh waktu lagi untuk melakukan pengkajian. Penetapan lokasi Bandara tidak bisa ditentukan begitu saja.

"Karena lokasinya telah ditetapkan dan telah sesuai KKOP, maka kita dukung saja agar realisasi pembangunannya bisa segera dilaksanakan," kata anggota DPRD Provinsi Banten dari daerah pemilihan Kabupaten Pandeglang itu.

Pembangunan Bandara perintis itu, merupakan program dari pemerintah pusat guna mendukung kelancaran transportasi. Tujuannya untuk memudahkan penanganan ketika terjadi bencana di wilayah Pandeglang bagian selatan itu.

Sembilan kecamatan di wilayah Pandeglang bagian selatan di antaranya Panimbang merupakan daerah "langganan" banjir bandang. Setiap turun hujan deras di wilayah itu dipastikan terjadi banjir cukup tinggi dan merendam rumah penduduk, areal pertanian serta perkebunan. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com