Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhotelan Jabar Sumbang Rp 119,6 Triliun

Kompas.com - 05/06/2010, 17:17 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com   - Sektor perhotelan dan restoran di Provinsi Jawa Barat, mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan daerah, yakni mencapai Rp119,64 triliun atau 19,66 persen dari total produk domestik regional bruto Jabar.

"Untuk sektor hotel dan restoran bersama-sama dengan perdagangan memberikan kontribusi sebesar Rp119,64 triliun, atau 19,66 persen dari total PDRB Provinsi Jawa Barat, atas dasar harga berlaku tahun 2008 sebesar Rp608,58 triliun," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, usai Peresmian "Topping Off" atau Pengecoran Terakhir Grand Royal Panghegar Apartemen, di Jalan Merdeka Bandung, Sabtu.

Ia mengatakan, dengan kontrubusi tersebut, menunjukkan bahwa posisi Jawa Barat sebagai kontributor ketiga terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional setelah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur, dengan total kontribusi mencapai 14,49 persen.

Heryawan menyatakan pertumbuhan kawasan Jawa Barat, khususnya Kota Bandung sebagai daerah tujuan wisata domestik dan mancanegara cukup menggembirakan.  Ia mengatakan, selain berdampak pada pembangunan daerah, keberadaan sektor hotel dan restoran juga berdampak pada penerimaan dan pertumbuhan ekonomi, juga pada penyerapan tenaga kerja.

"Menurut Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, berdasarkan data tahun 2009 sektor hotel dan restoran dapat menampung tenaga kerja sebanyak 21.959 orang, " katanya.  Pesatnya pertumbuhan industri pariwisata di Jawa Barat, kata Heryawan, jelas membutuhkan fasilitas hunian seperti hotel dan sarana wisata lainnya.  (ANT)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com