Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyan Tree Resort Bintan Peduli Lingkungan

Kompas.com - 03/06/2010, 22:29 WIB

TANJUNGPINANG, KOMPAS.com - Banyan Tree Hotels and Resort Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau, melepas sebanyak 137 ekor tukik ke lautan lepas hasil dari penangkaran telur penyu yang diperoleh disekitar pantai perairan Bintan.

"Dari 420 butir telur penyu yang berhasil kami tangkarkan, sebanyak 137 butir telah menetas menjadi tukik, dan dilepaskan ke lautan lepas sebagai wujud kepedulian Banyan Tree menyelamatkan hewan-hewan langka serta dilindungi," kata Manager "Corporate Social Responsibility (CSR)" Banyan Tree Bintan, Henry Ali Singer, Kamis.

Pelepasan tukik dari jenis sisik (eretmochelis imbricata) tersebut menurut Henry dilakukan pada Rabu (2/6) sore yang juga diikuti oleh wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung ke Banyan Tree.

Selain untuk menjaga penyu dari kepunahan, kegiatan tersebut menurut dia juga untuk daya tarik wisatawan mancanegara yang sedang menikmati liburannya. "Wisatawan sangat antusias mengikuti pelepasan tukik tersebut," katanya.

Menurut dia, berdasarkan keterangan warga sekitar kawasan wisata Lagoi, keberadaan penyu di pantai Bintan sudah hampir punah karena sudah jarang penyu yang ditemui bertelur di pinggir pantai. "Pada tahun 1980-an warga masih banyak menemukan penyu yang sedang bertelur di pinggir pantai Bintan dan itu hampir setiap hari, namun saat ini belum tentu warga sekitar menemukan penyu bertelur dalam satu bulan," katanya.

Bentuk kepedulian Banyan Tree terhadap kelestarian lingkungan tersebut menurut Henry sudah mendapatkan penghargaan dari Pasific Asia Travel Assosiation (PATA) pada tahun 2008 dalam bidang lingkungan.

"Seluruh grup Banyan Tree se-dunia selain fokus dengan pengembangan bisnis hotel dan pariwisata, juga mengutamakan pelestarian lingkungan, seperti penanaman pohon setiap memperingati Hari Bumi," ujarnya. Banyan Tree menurut dia juga mempunyai laboratorium untuk meneliti alam dan lingkungan sekitar. (ANT)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com