Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alex Romanenko, Dari Atletik ke Bisnis Real Estate

Kompas.com - 02/06/2010, 22:26 WIB

KOMPAS.com -  Alex Romanenko terpilih sebagai Presiden FIABCI Dunia 2011-2012 dalam Sidang Umum FIABCI yang berlangsung di Nusa Dua, Bali, akhir Mei 2010 lalu.

Siapakah Alex Romanenko? Lahir di Leningrad, Rusia, 26 Agustus 1956, Alexander Yurievich Romanenko melanjutkan pendidikan ke sekolah teknik. “Saya masuk sekolah teknik bukan karena suka dengan bidang ini, tapi karena rekomendasi orangtua saya. Ayah saya seorang psikiater, dan ibu saya seorang insinyur,” cerita Alex dalam wawancara yang dimuat Majalah “The Chief”.

"Ketika itu saya sangat bosan dengan ilmu teknik dan itu membuat saya tidak happy. Sungguh, ini bukan hal yang mudah. Masa depan saya tidak menentu. Saya berhenti dari sekolah teknik itu, dan masuk The Lesgaft Institute of Physical Culture,” ungkapnya.

Alex sejak kecil suka dengan olahraga atletik. Ia berusaha mengukur kemampuan atletiknya meskipun dia tahu tidak akan pernah memenangkan medali Olimpiade. Alex pernah menjadi atlet dalam tim atletik Rusia. Tahun 1979-1988, ia menjadi pelatih atletik.

"Saya suka bekerja dengan orang lain. Saya memutuskan menjadi pelatih di Fakultas Pedagogi di Institue of Physical Culture. Tentu saja saya ingin menjadi pelatih terbaik. Saya orang yang ambisius. Hanya tujuan yang tinggi, yang menginspirasi saya. Saya selalu menjadi yang terbaik di setiap lapangan yang saya pilih,” kata Alex.

Dia memahami bagaimana bagaimana dia membangun tujuan dan masa depannya kelak. “Ini merupakan awal dari masa kehidupan yang sangat produktif, menarik, dan bahagia,” paparnya.

Alex bekerja sebagai pelatih atletik selama 10 tahun, dan dia menikmati setiap saat kehidupannya yang demikian indah. Murid-muridnya kemudian menjadi sahabat setianya. “Mereka semua kini menjadi pebisnis yang berhasil,” kata Alex.

Bisnis identik dengan olahraga

"Bisnis itu seperti olahraga, penuh suasana persaingan yang tinggi. Bisnis itu seperti berlari marathon yang jauh. Hanya yang paling berani dan paling kuat yang mampu berada di puncak,” kata Alex, ayah dari tiga putra dan satu putri itu.

Hidup sebagai pengusaha sukses acapkali membuat Alex agak stres. Sebagai figur publik, Alex sering kali menjadi pusat perhatian banyak orang.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com