Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinarmas-ITB Bangun Green Campus ITSB di Delta Mas

Kompas.com - 21/05/2010, 07:18 WIB

BEKASI, KOMPAS.com  - Pengembangan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sebagai kawasan industri terbesar di Indonesia  membutuhkan dukungan para eco-technopreneur yang unggul. Untuk itu, Sinarmas bersama ITB bersama pemerintah daerah setempat  membangun kampus Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) di Kota Delta Mas, Cikarang Pusat Bekasi, yang berkonsep green building.
 
“Kami percaya sinergi semacam ini akan mendorong munculnya para eco-technopreneur andal yang mampu membangun kedaulatan nasional di bidang ilmu pengetahuan,?teknologi, industri, serta lingkungan,“ ujar Ketua Dewan Pengawas Yayasan ITSB, G. Sulistiyanto, Kamis. Hadir Rektor ITSB Ari Darmawan Pasek, Rektor ITB Akhmaloka, Bupati Bekasi.Sa’duddin beserta jajaran Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan ITSB.??

Globalisasi dan dampak perubahan iklim telah mendorong seluruh negara, termasuk Indonesia untuk saling berlomba melakukan beragam terobosan dan inisiatif dengan mengoptimalisasi seluruh sumberdaya yang mereka miliki.

Sektor industri sebagai salah satu pengguna terbesar ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) diarahkan untuk tidak sekadar mengaplikasikan, tapi juga mampu bersanding dengan kalangan akademik?guna memberikan arahan dalam pengembangan iptek. Seluruhnya bermuara pada dihasilkannya produk dan jasa yang inovatif, sesuai kebutuhan pengguna dan pastinya ramah lingkungan, sekaligus berdaya saing internasional.
 
Itu sebabnya konsep ramah lingkungan tidak berhenti pada slogan ITSB sebagai eco-industry oriented university, karena Green Campus pertama di Indonesia ini selain akan mengembangkan Program Studi Tata Udara dan Refrigerasi yang ramah lingkungan, kampus ini juga menjadi bagian utuh pengembangan sebuah kota baru yang mengedepankan keterpaduan fasilitas yang memudahkan para warganya.

“Green campus ini tidak sekedar implementasi green building namun merupakan bagian integral pembangunan kawasan Kota Delta Mas sehingga tercipta efisiensi dan suasana kehidupan yang lebih sehat dan lebih produktif,” ujar Teky Mailoa, Presdir Pengembang Kota Delta Mas.
 
Sinarmas memandang peningkatan daya saing industri sangat membutuhkan sumber daya manusia berkualitas, merasa terpanggil menjadi mitra ITB dalam mencapai tujuan besar ini dengan berkomitmen memberikan dukungan sarana dan prasarana bagi ITSB.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com