Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jabar Butuh 80.000 Rumah

Kompas.com - 18/05/2010, 22:26 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Jawa Barat membutuhkan rumah sekitar 80.000 unit per tahun. Namun, jumlah yang bisa dibangun hanya sekitar 40.000 unit. Kekurangan itu disebabkan lahan yang terus menyempit akibat pendirian bangunan, sementara populasi penduduk terus bertambah.

Direktur Utama Margahayu Land Hari Raharta seusai acara Ground Breaking Apartemen The Suites di Bandung, Selasa (18/5/2010), mengatakan, pemenuhan kebutuhan rumah di Jabar setiap tahun memang tidak pernah tercapai. Persoalan pengembang lainnya adalah harga tanah yang semakin mahal.

Harga tanah di Gedebage, Bandung, misalnya, saat ini sekitar Rp 250.000 per meter persegi dengan kenaikan sekitar 30 persen per tahun. Hari menambahkan, jumlah rumah yang dibutuhkan di Indonesia sekitar 800.000 unit per tahun dan yang bisa dibangun hanya sekitar 240.000 unit.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat Real Estat Indonesia Teguh Satria, kian mahalnya harga tanah membuat pembangunan hunian vertikal perlu diperhatikan. Bangunan itu bisa menghemat penggunaan lahan. Apartemen The Suites dengan lahan hanya 1,2 hektar (ha), misalnya, dapat dihuni 1.650 keluarga. Jika dibangun rumah untuk keluarga sejumlah itu, maka lahan yang dibutuhkan seluas 25-30 ha. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com