Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakrie Tower Gunakan Teknologi VMS

Kompas.com - 30/04/2010, 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Gedung perkantoran Bakrie Tower, yang dibangun PT Bakrieland Development Tbk menggunakan perangkat lunak yang disebut Visitor Management System (VMS) untuk pengamanan gedung.

"Melalui perangkat VMS, seluruh pengunjung Bakrie Tower akan termonitor keberadaannya," kata Kepala Departemen IT Rasuna Epicentrum, Ali Sadat, Jumat (30/4) di Jakarta. Dia mengatakan, VMS dirancang agar dapat sinergi dengan penggunakan elevator (lift), pintu akses, parkir, bahkan absensi. Jadi kini, kartu pengunjung dapat juga melacak keberadaan tamu. 

Sistem ini juga dilengkapi fitur untuk memudahkan penghuni gedung membuat janji dengan tamunya atau sebaliknya sehi ngga petugas front office dapat mengetahui dan mempersiapkan jika perlu penanganan tertentu.

"Tamu yang berkunjung ke Bakrie Tower setelah menyerahkan KTP langsung difoto (capture) dan masuk ke dalam database, sehingga akan mempercepat respon data tamu kalau muncul kejadian yang membutuhkan penanganan petugas keamanan, jelasnya.

Karya Bangsa
Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) PT Sinergi Citra Solusi, Agus B. Sutopo, menegaskan, VMS merupakan salah satu karya anak bangsa. "Sistem yang kami kembangkan selain harga lebih terjangkau dan mudah dioperasikan, juga dapat diintegrasikan dengan perangkat keamanan lain," ujarnya.

Agus mengatakan, VMS yang dikembangkan perusahaannya rencana dipakai di bank BUMN terbesar, serta sangat tepat dikembangkan di properti milik swasta mapun pemerintah diantaranya, kedutaan, bandara udara, hotel, apartemen, ekslusif club, kantor pemerintah, bahkan lapas.

Agus menyatakan, di masa mendatang, VMS ini dapat juga dimonitor melalui perangkat mobile sehingga pengelola atau pemilik kantor dengan mudah mengawasi meski berada di luar lokasi. "VMS dengan mudah memilah-milah tamu yang akan diterima atau masuk dalam daftar catatan. Disertai dengan sistem pelapo ran yang lengkap dan mudah pengoperasiannya," ujar Agus.

VMS ini selain telah diimplementasikan di Rasuna Epicentrum Bakrie Tower juga sudah diterapkan di Wisma Bakrie I dan II Kuningan Jakarta.

Menurut Kepala Divisi Humas dan Pemasaran PT Bakrieland Development Tbk, Leani Kusdiandi , sistem keamanan di Rasuna Epicentrum secara bertahap akan diintegrasikan dengan command center yang terhubung dengan sistem di kepolisian.

Leani mengatakan, keamanan dan kenyaman merupakan salah satu keunggulan dari produk Bakrieland yang ditawarkan kepada pelanggan, seperti di Rasuna Epicentrum sebelumnya sudah dibuat jaringan serat optik tinggal nantinya diintegrasikan dengan system keamanan yang ada di gedung masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com