Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpera Bangun 20 Rusunawa Baru untuk Polri

Kompas.com - 27/04/2010, 21:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) pada tahun 2010 dan 2011 mendatang akan menyiapkan tambahan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) untuk Polri. Kemenpera pada tahun 2010 setidaknya akan membangun sekitar 8 rusunawa dan pada tahun 2011 akan dibangun sebanyak 12 rusunawa untuk Polri.

“Pada 2010 Kemenpera akan membangun sekitar 8 rusunawa untuk Polri. Sedangkan tahun 2011 mendatang akan diupayakan sekitar 12 rusunawa,” ujar Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Suharso Monoarfa saat memberikan sambutan pada Peresmian Rusunawa Polri di Satpas SIM Polri, Daan Mogot, Jakarta, Selasa (27/4/2010).

Menurut Menpera, adanya tambahan rusunawa bagi Polri diharapkan dapat membantu para petugas kepolisian dalam melaksanakan tugas. Apalagi, hingga saat ini masih banyak petugas Polri yang belum memiliki rumah.

Menpera menambahkan, Kemenpera akan menyerahkan pemilihan lokasi pembangunan rusunawa kepada Mabes Polri. Dengan demikian, diharapkan pembangunan rusunawa Polri di seluruh Indonesia akan merata.

“Selama ini banyak Polda yang menginginkan Kemenpera membantu pembangunan rusunawa. Akan tetapi, kami menyerahkan sepenuhnya pemilihan lokasi pembangunan rusunawa kepada Mabes Polri,” tandasnya.

Baru 20 persen

Sementara itu, Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi program pembangunan rusunawa Polri oleh Kemenpera. Untuk itu, pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan rusunawa yang diperuntukkan bagi para anggota Polri itu.

“Kami harap kerja sama antara Polri dan Kemenpera ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi. Apalagi, kebutuhan perumahan bagi para anggota Polri masih cukup tinggi,” terangnya.

Kapolri menjelaskan, hingga saat ini baru sekitar 20 persen dari 400.000 anggota Polri yang memiliki rumah. Sedangkan sekitar 80 persen anggota Polri masih banyak yang tinggal di rumah kontrakan atau kos-kosan.

Ke depan, kata Kapolri, pihaknya berharap Kemenpera juga dapat membantu para petugas Polri yang bertugas di daerah perbatasan seperti di NTT dan daerah lainnya. Untuk itu, Polri siap menyediakan lahan untuk lokasi pembangunan perumahan bagi para anggota.

“Kami harap Kemenpera bisa memfasilitasi pembangunan rumah dan rusunawa untuk para anggota Polri di daerah perbatasan,” harapnya. (Sumber: kemenpera.go.id)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com