Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Allianz dan Corio Akuisisi Mal Terbesar di Italia

Kompas.com - 22/03/2010, 22:24 WIB

KOMPAS.com -  Allianz SE dan Corio NV saat ini sedang membahas akuisisi pusat perbelanjaan terbesar di Italia senilai 430 juta Euro (atau 582 juta dollar AS), demikian informasi dari tiga orang yang tahu tentang transaksi ini.
 
Allianz, perusahaan asuransi terbesar di Eropa, dan Corio, pengembang properti Belanda, masing-masing memiliki rencana membeli mal Porta di Roma, dari empat investor, ungkap seorang yang enggan disebut namanya karena pembicaraan soal ini bersifat pribadi.

Negosiasi eksklusif tentang "penjualan potensial dari pusat perbelanjaan besar di Italia" sedang berlangsung, demikian pernyataan Allianz dalam sebuah email, seperti dikutip Bloomberg. Ingrid Prins, juru bicara Ciro yang bermarkas di Utrecht, menolak berkomentar, demikian pula Melanie Voelker, juru bicara unit real estate Allianz.

"Ada ketahanan yang luar biasa pada hak properti ritel utama di seluruh Eropa," kata Paul Bacon, CEO Cushman & Wakefield Inc untuk kawasan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Paul bicara dalam sebuah wawancara dalam pameran perdagangan properti di Cannes, Perancis belum lama ini.

Tahun lalu, Allianz yang berpusat di Munich, Jerman ini mengumumkan sebuah rencana untuk meningkatkan investasi properti mereka sebanyak 76 persen, menjadi 30 miliar Euro pada tahun 2013, setelah perusahaan itu merekrut Olivier Piani dari General Electric Co untuk melakukan sentralisasi dan mengelola aset-aset yang dimiliki terpisah-pisah. Aset real estate perusahaan Jerman itu bernilai sekitar 17,9 miliar Euro pada akhir tahun 2009.
 
Porta di Roma seluas 121.000 meter persegi yang dibuka pada Juli 2007 dan memiliki 220 toko dan sinema itu, menarik 13 juta pembelanja setiap tahun, menurut situs pusat perbelanjaan itu.  
 
Perusahaan patungan dibentuk oleh Grupo Lamaro dan Parsitalia Real Estate SpA memiliki 60 persen properti ini, sisanya milik Simon Property Group Inc. dan jaringan supermarket Auchan yang dimiliki keluarga dari Perancis dan penyewa terbesar mal ini. Juru bicara Simon Property, Les Morris dan juru bicara Parsitalia, Carmine Caracciolo menolak mengomentari soal ini.  
 
Tidak andalkan utang

Secara terpisah, Allianz sepakat untuk membeli sebuah gedung di Paris senilai 243 juta Euro, menurut empat orang yang tahu soal transaksi ini. Mereka minta identitas tidak diungkap karena transaksi belum selesai.  

Gedung Capital 8 seluas 62.650 meter persegi yang menghadap Taman Monceau dipugar kembali oleh Unibail-Rodamco SE. Para penyewa antara lain firma hukum Dechert LLP, SAP AG, GDF Suez SA, dan Kraft Foods Inc. Tentang hal ini, juru bicara Unibail-Rodamco, Maxime Naouri tidak bersedia memberi komentar.
   
Karena tidak mengandalkan utang untuk pembelian aset-aset properti, Allianz mampu mengambil keuntungan dari nilai properti yang diakuisisi di Eropa.
 
Bulan Desember lalu, perusahaan ini mengakuisisi sebuah kompleks perkantoran di Munich, Jerman dengan nilai sekitar 100 juta Euro, dan sebulan kemudian membeli 50 persen kepemilikan Alle Shopping Centre di Budapest dengan nilai kurang lebih sama.
 
Allianz juga sedang membicarakan pembelian sebagian atau seluruh mal Espace Saint Quentin di dekat Paris. Mal seluas 100.000 m2 itu dibeli oleh Hammerson Plc yang berpusat di London tahun 1994 di kota komuter Saint Quentin en Yvelines. Mal ini memiliki 200 toko, termasuk Carrefour, Go Sport, dan Darty. Juru bicara Hammerson, Morgan Bone, menolak berkomentar soal ini.
 
"Pusat perbelanjaan besar di luar kota menarik para investor, karena langkanya mal serupa, stablitas harga sewa, dan keragaman penyewa," kata Paul Bacon.
 
Sementara itu Hammerson dan Canada Pension Plan Investment Board bersaing untuk mengakuisisi pusat perbelanjaan Silverburn di Glasgow, Skotlandia, pada Desember 2009 dengan nilai 297 juta Poundsterling atau setara dengan 446 juta dollar AS. Sedangkan Unabail-Rodamco membayar Simon Property dan Ivanhoe Cambridge Inc sebesar 715 juta Euro untuk mendapatkan saham pada tujuh mal di Polandia dan Perancis. (Sumber: Bloomberg)   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com