Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Medan Miskin Taman

Kompas.com - 18/03/2010, 09:10 WIB

MEDAN, KOMPAS.com  —  Kota Medan ternyata hanya mempunyai taman seluas 21,5 hektar yang tersebar di 81 taman di seluruh kota. Angka itu tak sebanding dengan luas kota Medan yang mencapai 26.510 hektar.

Selama ini penghitungan ruang terbuka hijau yang dinyatakan 5-7 persen dari luas kota di dalamnya ternyata mencakup makam yang luasnya mencapai 57,2 hektar, lapangan olahraga 16,89 hektar, dan taman segitiga di tengah jalan.

Angka 21,5 hektar juga termasuk taman-taman yang dikelola oleh sekolah-sekolah. "Maka, jika ada lahan kosong di kota, kami semangat sekali untuk menjadikannya taman," tutur Kepala Bidang Taman/Makam Dinas Pertamanan Kota Medan Nurdin Ashari, Rabu (17/3/2010).

Dinas Pertamanan pada 2009 membuat dua taman baru, yakni di belakang kantor polisi Helvetia dan Jalan Petula. Adapun tahun lalu, ruang hijau yang hilang adalah taman segitiga antara Jalan Raden Saleh dan Merdeka Walk serta sudut pintu gerbang Tol Amplas yang terkena perluasan jalan.

Menurut Nurdin, perkembangan baik mulai muncul. Saat ini banyak perumahan baru yang menyediakan taman bermain bagi warganya. Namun, banyak pula warga yang tidak mau turut merawat.

"Banyak pohon yang kami tanam diracun warga," tutur Nurdin. Selain sebagai peneduh, penanaman pohon di pinggir jalan juga untuk menghindari berdirinya pedagang kaki lima. Namun, yang terjadi, banyak pedagang yang justru mematikan pohon peneduh yang ditanam petugas.

Pembangunan ruko-ruko di pinggiran Kota Medan juga kurang memberikan ruang pada pepohonan, seperti yang terjadi di Jalan Gagak Rimang.

Nurdin mengakui, pertumbuhan penduduk yang pesat membuat pembangunan taman tersisih. Aturan ruang terbuka hijau seluas 30 persen dan ruang terbuka untuk publik seluas 20 persen luas kota sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 26 Tahun 2007 tentang Tata Ruang belum dipenuhi.

Kepala Seksi Pemakaman Yan Anwar menambahkan, Pemerintah Kota Medan juga sudah kekurangan lahan untuk makam. Saat ini Pemkot Medan mengelola sembilan makam. (Aufrida Wismi Warastri/KOMPAS Cetak)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com