Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSD Kembangkan Dua Cluster Terbaru

Kompas.com - 25/02/2010, 19:39 WIB

SERPONG, KOMPAS.com - PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk  pada awal tahun 2010 meluncurkan dua produk hunian unggulan, yaitu cluster kembar (twin cluster) Fresco-Aria di kawasan Foresta dan cluster VerdantVille di kawasan The Icon.

Marketing Manager Foresta BSD City, Yanto Suryawan mengungkapkan, twin cluster Fresco-Aria dibangun di atas lahan seluas sembilan hektar di dalam kawasan hunian Foresta. “Nama cluster kembar ini diambil dari bahasa Italia. Fresco berarti segar dan Aria berarti udara. Makna kedua nama itu mencerminkan konsepnya yaitu cluster yang penuh dengan kesegaran, kesejukan, dan kenyamanan,” ujarnya.

Konsep segar, sejuk, dan nyaman tersebut diejawantahkan lewat ketersediaan lahan terbuka hijau (green open area) yang tersebar di dalam cluster Fresco-Aria seluas 10.000 m2 atau setara dengan luas dua kali lapangan sepak bola. Lahan terbuka hijau seluas itu membuat konsentrasi debu di dalam udara dapat dikurangi hingga 75 persen sehingga kualitas udara menjadi lebih bersih.

”Keberadaan lahan terbuka hijau seluas 10.000 m2 juga dapat menghasilkan sedikitnya 200 kg oksigen (O2) setiap hari, yang setara dengan kebutuhan oksigen 450 orang dewasa setiap harinya,” ungkap Yanto.

Hasil penelitian ahli lingkungan hidup mengatakan bahwa semakin banyak dan luas daerah terbuka hijau di suatu kawasan, dapat menurunkan suhu udara di tempat itu. Selain kualitas udara yang baik, udara segar dan berlimpah, penghuni cluster Fresco-Aria juga akan tinggal di kawasan lebih sejuk. Maka tepat jika cluster Fresco–Aria merupakan cluster terhijau di kawasan terhijau di BSD City.

Cluster Fresco-Aria memiliki fasilitas Thematic Centro Park, yang dilengkapi lapangan basket 3 on 3, area bermain dan mini outbound untuk seluruh anggota keluarga. Produk hunian terbaru itu juga dikelilingi oleh kawasan green belt yang berfungsi sebagai area jogging track yang asri sepanjang 1 km. Keberadaan green belt juga berfungsi mengurangi kebisingan atau polusi suara di cluster Fresco-Aria.

Selain itu, lokasi cluster Fresco-Aria juga berada sangat dekat dengan fasilitas kawasan Foresta. Sebut saja seperti de Palazetto Sport Club dan sentra komunitas North Piazza tepat berada di depan cluster ini. Hal ini semakin menambah kenyamanan penghuni dalam melakukan akitivitas olahraga maupun aktivitas komersial untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Sebagai tahap awal, Yanto mengatakan cluster Fresco telah dipasarkan terlebih dahulu. Peluncuran perdana cluster Aria juga sudah direalisasikan akhir Januari 2010. Cluster Aria menawarkan 116 unit rumah dan kavling dengan variasi tipe rumah yang beragam, yaitu tipe 140/144, 150/180, 206/220, 286/300, dan tipe sudut 335. “Harga yang ditawarkan mulai Rp 800 jutaan per unit dan serah terima Cluster Aria direncanakan pada akhir Juli 2011,” ujar Yanto.

VerdantVille
Sementara itu, Puticaryanthi, Manager Promosi Housing 3 PT BSD Tbk, pengembang kawasan The Icon mengatakan, pihaknya terus melanjutkan rencana pengembangan enam zona di dalam kawasan The Icon. Setelah cluster Simplicity dan Cosmo selesai dikembangkan, awal tahun ini mulai dikembangkan cluster teranyar yang diberi nama VerdantVille.

Cluster VerdantVille dikembangkan selaras dengan konsep The Icon, yaitu sebuah kawasan hunian yang mendukung kehidupan masyarakat perkotaan. The Icon memberikan kesempatan kepada para penghuni dan pelaku bisnis untuk berkembang. Cluster VerdantVille dengan luas 6,8 ha, merupakan zona ketiga dari enam zona yang akan dikembangkan di Kawasan The Icon, ” ujar Puticaryanthi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com