Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pembiayaan Perumahan, BTN Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

Kompas.com - 19/02/2010, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan menerbitkan obligasi ke-14 pada semester I tahun 2010. Nilai obligasi yang akan diterbitkan tersebut sebanyak-banyaknya berjumlah Rp 2 Triliun. Saut Pardede, Direktur Treasury Bank BTN Jumat (19/2) di Jakarta menjelaskan, rencana penerbitan obligasi tersebut sudah mendapat izin dan persetujuan RUPS.

Menurut Saut Pardede, bertindak sebagai underwriter dalam penerbitan obligasi Bank BTN XIV adalah PT. Mandiri Sekuritas, PT. Bahana Securities dan PT. Indo Premier Securities. S ementara sebagai wali amanat dan notaris masing-masing adalah PT. Bank Mega Tbk dan Sutjipto, SH,M.Kn.

Bank BTN memiliki track record yang sangat baik di pasar modal. Ini terbukti dengan keberhasilan BTN dalam menerbitkan obligasi senior sebanyak 13 kali sejak tahun 1989 dan obligasi Subordinasi pada tahun 2004. Seluruh obligasi yang ditawarkan oleh Bank BTN di pasar selalu oversubscribed. Total obligasi yang telah diterbitkan oleh Bank BTN mencapai Rp 6,350 Triliun. Sementara yang masih berada di pasar atau outstanding sebesar Rp 3,250 Triliun. Selebihnya telah jatuh tempo dan sudah dilunasi oleh perseroan.

Hasil penjualan obligasi tersebut seluruhnya akan dipakai oleh manajemen untuk mendukung pembiayaan perumahan yang menjadi core business Bank BTN. "Kami optimistis obligasi yang akan diterbitkan bisa diserap pasar karena obligasi Bank BTN memiliki pasar tersendiri," kata Saut Pardede. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com