Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSD City, Kota Sejuta Peluang

Kompas.com - 18/11/2009, 13:14 WIB

SERPONG, KOMPAS.com -  PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk terus berupaya mewujudkan BSD City menjadi kota dengan sejuta peluang, sesuai motto “Big City, Big Opportunity”. Memenuhi komitmen tersebut, PT BSD Tbk pada pertengahan 2008, memulai pengembangan BSD City seluas 2.000 hektar.

Pengembangan lahan seluas 2.000 hektar tersebut dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama yang tengah digarap seluas 850 hektar, akan selesai dikembangkan pada lima sampai enam tahun ke depan. Sedangkan sisanya akan selesai dikembangkan pada 2020.

Kawasan Hijau
Proyek pertama pengembangan BSD City adalah membangun Kawasan Hunian Foresta. Kawasan ini dikembangkan dengan konsep yang berorientasi pada luasnya ruang terbuka hijau tanpa melupakan sentuhan teknologi dan gaya hidup modern. Hingga saat ini, Kawasan Foresta telah meluncurkan sejumlah cluster, antara lain Albera, Viore, Allevare, dan Giardina, Primavera, serta cluster kembar (twin cluster) Fresco-Aria.

Kawasan Foresta pada umumnya dikembangkan sebagai sebuah kawasan hijau. Di Foresta terdapat hutan kota seluas  4,5 hektar yang ditambah dengan berbagai fasilitas seperti sport club yang dilengkapi dengan swimming pool dan pusat kebugaran,  jogging track, cycling path (jalur sepeda), serta  fasilitas putting green, 3 on 3 basketball,  dan taman-taman serta pedestrian yang lebar dan nyaman.

Salah satu produk unggulan Kawasan Foresta adalah cluster kembar (twin cluster) yang diberi nama Fresco-Aria yang dibangun di atas lahan seluas sembilan hektar. Nama cluster kembar ini diambil dari bahasa Italia. Fresco berarti segar dan Aria berarti udara. Makna kedua nama itu mencerminkan konsepnya yaitu cluster yang penuh dengan kesegaran, kesejukan, dan kenyamanan.

Konsep segar, sejuk, dan nyaman tersebut dijewantahkan lewat ketersediaan lahan terbuka hijau (green open area) yang tersebar di dalam Cluster Fresco-Aria seluas 10.000 m2 atau setara dengan luas dua kali lapangan sepak bola. Lahan terbuka hijau seluas itu membuat konsentrasi debu di dalam udara dapat dikurangi hingga 75% sehingga kualitas udara menjadi lebih bersih.

Keberadaan lahan terbuka hijau seluas 10.000 m2 juga dapat menghasilkan sedikitnya 200 kg oksigen (O2) setiap hari, yang  setara dengan kebutuhan oksigen 450 orang dewasa setiap harinya. Maka tepat jika  cluster Fresco–Aria merupakan cluster terhijau di kawasan terhijau di BSD City.

Cluster Fresco-Aria memiliki fasilitas Thematic Centro Park, yang dilengkapi lapangan basket 3 on 3, area bermain dan mini outbound untuk seluruh anggota keluarga. Produk hunian terbaru itu juga dikelilingi oleh kawasan green belt yang berfungsi sebagai area jogging track yang asri sepanjang 1 km. Keberadaan green belt juga berfungsi mengurangi kebisingan atau polusi suara di cluster Fresco-Aria.

Selain itu, lokasi Cluster Fresco-Aria juga berada sangat dekat dengan fasilitas kawasan Foresta. Sebut saja seperti de Palazetto Sport Club dan sentra komunitas North Piazza tepat berada di depan cluster ini. Hal ini semakin menambah kenyamanan penghuni dalam melakukan akitivitas olahraga maupun komersial untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Kawasan Pelajar dan Mahasiswa
Produk unggulan lainnya dari Kawasan Foresta adalah cluster Studento yang berada di tengah kawasan Foresta, dekat dengan Central Bussines District  (CBD) BSD Barat serta kawasan pendidikan Edutown BSD City. Studento dirancang sebagai sebuah tempat tinggal ideal bagi para pelajar dan mahasiswa yang sekolah atau kampusnya berada di Edutown BSD City.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com