Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusir Tikus Aman bagi Kesehatan

Kompas.com - 27/10/2009, 10:34 WIB

KOMPAS.com — Menggunakan teknologi suara ultrasonik dan gelombang elektromagnetik, produk ini efektif untuk mengusir tikus di rumah Anda.

Misalnya, karena ingin mengunjungi sanak saudara saat Lebaran, rumah terpaksa ditinggal cukup lama. Sementara itu, tikus yang sering berkeliaran di rumah menjadi masalah utama saat kembali ke rumah. Walaupun banyak pilihan pembasmi tikus yang ditawarkan di pasaran, yang efektif sekaligus aman bagi kesehatan masih sulit ditemukan.

Commeta Warehouse & Distributor menawarkan opsi lain cara mengusir tikus yang efektif sekaligus aman bagi kesehatan. Produk ini diberi nama Tissor Electronic Pest Repeller, dan bekerja efektif pada ruang dalam seluas 100 meter persegi, atau  200 meter persegi untuk ruang luar.

Teknologi suara ultrasonik

Salah satu sistem yang ditawarkan untuk mengusir tikus adalah teknologi suara ultrasonik. Teknologi suara ultrasonik adalah teknologi dengan memanfaatkan bunyi suara ultrasonik frekuensi tinggi, yaitu 35.000 Hz.

Suara dengan frekuensi tersebut hanya dapat didengar oleh hewan ordo rodentia, termasuk tikus. Suara tersebut tidak dapat didengar oleh manusia. Manusia hanya dapat mendengar suara dengan frekuensi 20.000-25.000 Hz.

Suara ultrasonik dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tikus. Cara kerjanya seperti manusia mendekatkan telinga pada sirene yang berbunyi sangat keras. Tikus akan merasa takut, tidak dapat menyesuaikan diri, dan pasti tidak merasa nyaman dengan suara ultrasonik yang ditimbulkan. Alat ini juga menggunakan generator yang dapat mengeluarkan suara ultrasonik yang lebih keras dan berubah-ubah sehingga membuat tikus semakin terganggu.

Gelombang elektromagnetik

Sistem yang kedua adalah dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik adalah tenaga yang dihasilkan dengan memanfaatkan kabel-kabel listrik yang ada di balik dinding rumah Anda. Dengan daya dukung tersebut, produk ini menjadi alat raksasa untuk mengusir tikus.

Cara kerjanya sama seperti pada saat Anda menelepon. Ketika berbicara, suara Anda akan dihantarkan melalui kabel telepon pada frekuensi tertentu. Gelombang elektromagnetik memanfaatkan kabel listrik untuk mengirimkan perubahan sinyal melalui kabel, yang dapat mengganggu sistem saraf tikus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com