Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Tengok Perumahan Seputar Bintaro

Kompas.com - 27/10/2009, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Kalau sudah kepincut fasilitas Bintaro Jaya tapi dana tak mencukupi, cobalah tengok perumahan di sekitarnya. Harga sedikit lebih murah, kita bisa nebeng fasilitas di Bintaro Jaya.

Selatan Jakarta selalu punya pesona yang tak pemah luruh sebagai tempat hunian. Lingkungannya asri dan bersahabat, demikian alasan yang biasa diberikan para penghuni rumah di wilayah tersebut.

Salah satu primadona perumahan di sini adalah Bintaro Jaya. Perumahan ini menjadi semakin memiliki daya tarik dengan adanya tol yang menjahit Bintaro dengan Pondok Indah tahun 2005. Mereka yang akan membeli rumah di selatan Jakarta umumnya menyempatkan diri untuk menengok perumahan ini.

Bintaro Jaya dikenal dengan fasilitasnya yang lengkap, sehingga seandainya seorang penghuni tidak keluar dari kawasan itu pun tidak masalah. Di sana sudah ada sekolah, rumah sakit, mall, bankbank, supermarket, hypermarket, departement store, dan pusat onderdil. Bahkan mencari bengkel, penjahit baju, toko roti, restoran yang bersedia mengantar makanan ke rumah, sampai tukang pijat sekalipun sangat mudah.

Tapi, semua juga tahu, bahwa Bintaro Jaya adalah perumahan elite sehingga harga rumahnya pun "elite" alias mahal. Memang, masih ada juga rumah yang dijual dengan harga Rp 200 jutaan. Tapi biasanya tanahnya kecil, di bawah 100 m2.

Bila tanah sudah mencapai 100 m2, harga pun mencapai Rp 600 jutaan. Sedangkan untuk tanah yang mencapai 200 m2, harganya melambung jauh mencapai Rp 1,5 milyar atau bahkan Rp 2 milyar.

Belok Sedikit

Bila sudah terlanjur jatuh hati dengan lengkapnya fasilitas yang disediakan Bintaro Jaya tapi kocek tak bisa diajak kompromi, pilihannya adalah mencari perumahan di luar Bintaro Jaya, tapi .masih di dalam kelurahan Bintaro atau minimal dekat dengan Bintaro Jaya. Biasanya harga rumahnya sedikit lebih murah, tapi kita tetap bisa menikmati segala kenyamanan yang diberikan Bintaro Jaya.

Tapi Anda jangan dulu cepat-cepat membayangkan bisa mendapatkan rumah di bawah Rp 200 juta. Ada, tapi sangat jarang. Harga tanah per meter perseginya memang lebih murah dibandingkan yang sudah masuk dalam kompleks Bintaro Jaya, tapi umumnya perumahan perumahan ini menjual dalam satuan yang lebih luas.

Pilihan perumahannya cukup beragam, ada yang berbentuk klaster, ada juga yang berbentuk town house. Kebanyakan lahannya tidak terlalu luas dengan jumlah unit yang juga tidak terlalu banyak. Kelasnya pun bervariasi, mulai dari yang harganya Rp 180 jutaan sampai Rp 1,5 miyar. Yang menari di daerah ini mulai bermunculan perumahan-perumahan milik pribadi. Biasanya mereka sudah memiliki tanah sejak dulu dan dimanfaatkan untuk usaha. Melihat prospek bisnis properti yang menjanjikan, mereka pun membangun perumahan "mini" di atastanahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com