Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Peringkat 201 Universitas Terbaik Dunia 2009

Kompas.com - 08/10/2009, 19:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Universitas Indonesia (UI) masuk  peringkat 201 Universitas Terbaik di dunia untuk tahun 2009 meningkat tajam dari ranking tahun 2008 di peringkat 287 dan tahun 2007 peringkat 395.

"UI mengalahkan banyak universitas prestisius  di negara-negara tetangga, bahkan untuk sosial science peringkat UI mencapai 102 dan 104 untuk arts and humanities," kata Rektor UI Dr Gumilar Somantri seusai Peresmian Perluasan Perpustakaan Depdiknas di Jakarta, Kamis (8/10).

Lembaga pemeringkat perguruan tinggi prestisius Times Higher Education - QS World University Ranking (THE-QS World) baru saja mengumumkan secara resmi ranking 500 universitas terbaik dari 5.000 perguruan tinggi dunia yang disurvei.

Indikator yang dijadikan rujukan, ujarnya, performa riset dan publikasi, performa pengajaran  seperti prestasi mahasiswa, efisiensi internal, internasionalisasi dan performa lulusan yang dilihat dari penyerapan oleh pasar tenaga kerja.

UI juga termasuk dalam rangking 34 Asia pada 2009, naik dari peringkat 50 tahun lalu, padahal banyak universitas berkualitas di Jepang, di Korea Selatan, China dan India.

Sedangkan di Asia Tenggara, UI masuk dalam  peringkat kelima, di mana di atas UI adalah National University of Singapore, Nanyang Technological University di Singapura, Universitas Chulalongkom di Thailand serta Universiti Malaysia.

Pencapaian  dalam peringkat universitas kelas dunia menurut dia, juga sejalan dengan prestasi mahasiswa UI yang gemilang pada 17 kompetisi tingkat internasional sepanjang 2009.

Prestasi tersebut antara lain, lomba debat Bahasa Inggris dunia di Melbourne, Australia di mana Indonesia meraih juara I dan gelar honorable mention pada World Mathemathics Championship di Beograd Serbia.

Gumilar mengatakan, dalam bidang riset, UI juga terus berbenah di mana jumlah publikasi penelitian nasional maupun internasional yang dihasilkan peneliti UI pada tahun 2009 meningkat menjadi 10.050 publikasi dari 9.050 publikasi pada tahun 2008.

Untuk meningkatkan kualitas dan memperoleh wawasan global, UI juga mengirim 325 peneliti dan dosen ke luar negeri pada 2009, meningkat dari tahun 2008.

UI juga bekerja sama dengan ratusan perguruan tinggi dunia dan membuka kelas-kelas internasional serta membuka diri seluas-luasnya bagi mahasiswa asing di mana ada sekitar 2.000 mahasiwa asing berkuliah di UI saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com