Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tip Sukses Membuat Taman "Xeriscape"

Kompas.com - 04/09/2009, 21:28 WIB

KOMPAS.com - Dalam bahasa Yunani, xeros artinya dry atau kering, sehingga xeriscape mempunyai pengertian sebagai taman yang memerlukan air yang sangat minim.

Idealnya, taman xeriscape tetap memerlukan air, walau jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan taman umumnya. Tanaman yang digunakan pun tetap tanaman asli yang hidup di sebuah daerah, katakanlah daerah yang memiliki curah hujan normal.

Berikut ini tip singkat untuk sukses membuat taman xeriscape:

1. Kenali sifat area taman

Luangkan beberapa kali waktu untuk mengamati area yang ada. Bagaimana kondisi iklim di area tersebut, seberapa kering dan bagaimana sumber air untuk penyiramannya. Bayangkan jika tanaman tertentu ada di dalam area tersebut. Bayangkan pula aktivitas yang dapat dilakukan di dalam taman tersebut termasuk kegiatan pemeliharaannya. Tentukan desain sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang ada.

2. Lakukan perbaikan tanah

Ada tempat yang terlalu terik dan ada yang ternaungi. Selain itu ada pula tanah yang akan tergenang air dalam waktu lama, baik itu tergenang air hujan maupun air sisa penyiraman taman. Lakukan perbaikan drainase tanah dengan cara menggemburkan atau membuat sistem drainase yang sesuai. Penting pula untuk melihat apakah penambahan kompos pada permukaan tanah dapat menghambat penguapan air dan meningkatkan kesuburan tanah.

3. Pilihlah tanaman yang memerlukan air lebih sedikit dari biasanya

Jenis tanaman tidak hanya sebatas pada tanaman kaktus atau tanaman sukulen saja, tetapi juga dapat digunakan jenis tanaman lain yang memerlukan air lebih sedikit dari pada jenis lainnya. Syarat utama dalam pemilihan tanaman adalah jenis tanaman yang setempat atau yang tetap tumbuh, di lingkungan sekitarnya.

Dan keberadaan jenis taman ini dapat dikombinasikan dengan jenis taman pada umumnya yang memerlukan air lebih banyak asalkan kita dapat mengharmonikan kesesuaian desain di antara keduanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com