Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Cairkan Kekakuan Sebuah Tangga Besi

Kompas.com - 14/08/2009, 09:21 WIB

KOMPAS.com - Tangga putar terbuat dari logam banyak digunakan sebagai tangga loteng, ditempatkan di luar ruangan. Material logam membuat tangga tampil kaku. Untuk "melembutkannya" buat taman di area sekitarnya.

Tak memiliki lahan yang luas untuk menempatkan tangga? Gunakan tangga putar. Tangga ini biasanya terbuat dari logam dan ditempatkan di luar ruangan. Banyak orang menggunakannya sebagai tangga menuju loteng atau area menjemur, di lantai dua. Material logam atau besi membuatnya lebih tahan terhadap cuaca.

Tangga demikian memang hemat tempat dan lebih tahan lama. Sayangnya, penggunaan material logam di seluruh bagiannya, membuat tangga putar berpenampilan kaku dan dingin. Tampilan demikian tentu terasa kurang sedap dipandang.

Tampilan demikian bisa diminimalisasi, jika tahu caranya, yaitu dengan menempatkan tanaman di sekitarnya. Daripada sekedar menempatkan pot-pot tanaman, Anda bisa sekaligus membuat taman, di area sekitar tangga.

Foto ini bisa menjadi salah satu inspirasi. Area tangga putar, dikelilingi oleh tanaman Pisang-pisangan dan Tabebuya. Dengan demikian, pandangan kita akan teralihkan dari kaku dan dinginnya tangga logam, ke arah segarnya tanaman hijau. 

Dilengkapi dengan lighting yang pas, akan menonjolkan keindahan susunan tanaman tersebut. Di malam hari, area tangga pun tampil semakin menawan.(www.ideaonline.co.id/ Mona Sintia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com