Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artwork dan Aksesori Bikin Fresh Kamar Mandi

Kompas.com - 05/06/2009, 21:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menata ulang kamar mandi tak semudah menata ulang ruang lain. Mempercantik kamar mandi dengan mengubah tata letak saniter bisa jadi mengubah jalur instalasi air bersih dan kotor. Dan itu tidak mudah dilakukan.

Kita tentu pernah menata ulang interior kamar tidur atau ruang keluarga. Langkah paling sederhana mungkin sekadar mengubah posisi furnitur pada ruang. Dengan mengubah-ubah posisi furnitur, kita bisa memperoleh ruang yang kembali fresh.

Kamar mandi pun dapat dibuat fresh kembali dengan menatanya ulang. Tentu, menata ulang kamar mandi tak semudah menata ruang keluarga atau kamar tidur. Ini karena elemen kamar mandi sangat berbeda dengan kedua ruang tadi. Jika di ruang keluarga atau kamar tidur terdapat furnitur yang mudah dipindah-pindahkan, tidak demikian halnya dengan kamar mandi.

Mengubah posisi furnitur kamar mandi (dalam hal ini saniter) tidak semudah mengubah tata letak furnitur pada ruang keluarga atau kamar tidur. Saniter "melekat" erat pada lantai dan dinding. Untuk menata ulang letaknya, saniter harus dibongkar dan dipasang kembali pada tempat yang diinginkan. Dan ini bukan hal mudah karena berbuntut pada penataan ulang instalasi air bersih dan kotor.

Cara mudah membuat kamar mandi menjadi fresh kembali adalah dengan menambahkan elemen-elemen ruang yang tidak terkait langsung dengan fungsi saniter. Misalnya, memberikan border berupa stiker pada bagian tepi/tengah dinding keramik kamar mandi. Ini mudah dilakukan. Setelah membeli, stiker yang diinginkan bisa langsung dipasang pada dinding keramik.Hasilnya bisa dinikmati segera setelah seluruh stiker tertempel.

Langkah lain yang juga mungkin dilakukan adalah menempatkan/menambahkan aksesori ruang berupa lukisan atau artwork lainnya pada dinding. Keberadaan lukisan atau artwork dapat menjadi pengisi dinding kamar mandi yang rata-rata dibiarkan kosong.

Selain dengan cara di atas, keindahan kamar mandi juga dapat tercipta dari penggunaan perangkat mandi yang unik dan cantik. Misalnya dengan menempatkan wadah sabun atau tempat tisu yang berdesain unik. Atau bisa juga dengan menambahkan aksesori pada penutup kloset.

Tentu masih banyak langkah-langkah lain bisa dilakukan untuk mempercantik kamar mandi. Namun ketika berkeinginan melakukannya, pertimbangkan juga kesesuaian bentuk, desain, dan warna elemen yang akan ditambahkan dengan tema dasar dan warna kamar mandinya. Ini bertujuan untuk menjaga agar tercipta kesesuaian antara kamar mandi dengan elemen-elemen yang akan ditambahkan. Dengan demikian, tujuan membuat kamar mandi lebih fresh dapat tercapai. (www.ideaonline.co.id/ Tatang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com