Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpera : Program Rusunami Rampung 2011

Kompas.com - 29/04/2009, 20:08 WIB

BEKASI, KOMPAS.com - Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) M Yusuf Asy’ari menargetkan program pembangunan 1.000 tower rumah susun sederhana milik (rusunami) rampung pada tahun 2011.

Usai peletakan batu pertama apartemen "Center Point" di Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/4), Menpera mengatakan hingga April 2009 pihaknya telah merealisasikan 552 tower yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sebanyak 50 persen tower, kata dia, telah berdiri di Jabodetabek, 30 persen di pulau Jawa dan sisanya di wilayah kepulauan Batam. Mayoritas ketinggian tower mencapai 17 lantai dengan jumlah lebih dari 700 unit.

Ia menambahkan, pemerintah telah mengucurkan subsidi kredit rusunami sebesar Rp 2,5 triliun pada 2009 atau meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2008 sebesar Rp 800 miliar.

"Kucuran subsidi sebesar Rp 2,5 triliun itu diharapkan dapat meningkatkan minat pengembang untuk membangun rusunami," katanya.

Menpera menyebutkan, permohonan pembangunan tower dari pihak pengembang rusunami di daerah sudah mencapai lebih dari 1.000 permintaan.

"Bisnis properti di Indonesia cukup menjanjikan karena permintaan rumah tempat tinggal masih tinggi sehingga pemodal mengalihkan investasinya ke sektor properti," kata M Yusuf Asy’ari.

Ia mengharapkan tower baru di wilayah Jakarta dan sekitarnya yang saat ini masih dalam proses persiapan dapat segera direalisasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com