Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Tawarkan KPR 9,7 Persen

Kompas.com - 26/11/2008, 00:24 WIB

JAKARTA, RABU - Meski bunga kredit perbankan masih tinggi, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) justru menawarkan suku bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) sebesar 9,75 persen tetap untuk tiga tahun. Penetapan suku bunga KPR di level ini dinilai tetap menguntungkan. Seperti dituturkan Wakil Direktur Utama BCA, Jahja Setiaatmadja di Ritz Carlton, Jakarta, Selasa, (25/11).

"Dengan menetapkan suku bunga di level itu, kami telah memberikan ketenangan kepada nasabah yang meminjam kredit perumahan. Ini berbeda dengan nasabah yang meminjam KPR dengan suku bunga mengambang mengikuti pergerakan bunga pasar. Mereka justru ketar ketir karena suku bunga KPR bisa 15 persen," jelasnya.

Saat ini, diungkapkan Jahja, dari total kredit konsumer yang dikucurkan sebanyak 41,8 persen berupa KPR. "Total kredit konsumer yang diberikan per September tahun ini mencapai Rp 17,2 triliun. Untuk tahun depan, kami perkirakan pertumbuhan kredit konsumer bakal naik 6,6 persen," katanya.

Terkait kenaikan suku bunga bank, beberapa bank memang menaikkan suku bunga KPR hingga di kisaran 15-17 persen. Mengingat suku bunga acuan atau BI Rate masih tak bergeser di kisaran 9,5 persen. Padahal, enam bulan lalu, bunga KPR yang ditawarkan masih 9-10 persen. "Kami memang menawarkan suku bunga bersaing karena sebagian besar dana yang dihimpun memang berasal dari tabungan berbunga murah. Dari total dana pihak ketiga Rp 192 triliun, dana tabungan sebesar Rp 101 triliun per September 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com