Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasat Substitusi Kaca Dekoratif

Kompas.com - 20/11/2008, 14:58 WIB

PENGAPLIKASIAN kaca dapat dilakukan di banyak tempat. Di antaranya pintu,  dinding, atau bahkan jendela.

Penting bagi kita untuk menyelaraskan tema desain rumah dengan jenis kaca yang digunakan. Jika menggunakan kaca dekoratif, hindari agar jangan sampai aplikasi kaca dekorasi yang mahal, malah merusak suasana karena desainnya jauh dari desain rumah secara keseluruhan.

Hal lain berkait dengan penggunaan kaca dekoratif adalah soal biaya. Kaca dekoratif relatif lebih mahal dari kaca polos.

Kondisi itu dapat disiasati dengan memilih bagian mana saja yang menggunakan kaca dekoratif, dan bagian mana yang sebaiknya tetap menggunakan kaca polos.

Misalnya kaca patri hanya ditempatkan pada jendela bagian depan rumah saja. Sementara jendela lainnya menggunakan kaca polos.

Selain itu, menekan harga juga bisa dilakukan dengan memilih kombinasi material kaca. Jika pilih kaca patri, jangan pilih berlaminasi. Pilihlah kaca patri yang satu lapis karena dia lebih murah dibanding dengan kaca patri laminasi, tiga lapis misalnya. Kaca gravir, bisa diganti dengan kaca lukis. Kaca melton atau stained, mungkin bisa diganti dengan kaca warna.

Nah, selamat berkreasi.


Penulis : Whery
Foto : Richard

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com