Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapatkah Jamur Tumbuh di Furnitur Plastik?

Kompas.com - 16/05/2024, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena sifat tahan lama yang ditawarkan, furnitur plastik menjadi sangat populer di kalangan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

Material plastik sangat tahan air dan cuaca yang ekstrim sehingga kerap ditempatkan pada area outdoor rumah.

Meskipun demikian, furnitur plastik juga menghadapi masalah yang sama seperti material lainnya yakni serangan jamur.

Banyak orang yakin bahwa jamur tidak dapat tumbuh pada bahan plastik atau polimer. Hak ini karena jamur umumnya tidak dapat mengurai plastik dengan mudah.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Furnitur di Gudang Penyimpanan Tak Berjamur

Namun, plastik mengandung banyak bahan tambahan, seperti bahan pemlastis, selulosa, pelumas, zat penstabil, dan pewarna. Bahan-bahan tersebut ternyata sangat mudah untuk diurai oleh jamur.

Selain zat aditif yang sudah ada dalam plastik, debu, kotoran, bahan organik, dan kelembapan, memberikan kondisi yang lebih baik bagi pertumbuhan jamur.


Meskipun mungkin bukan permukaan yang layak untuk menopang pertumbuhan jamur, plastik dapat bisa menjadi media yang ideal jika tersedia berbagai sumber makanan untuk pertumbuhan jamur.

Baca juga: Cara Aman Bersihkan Furnitur Kayu di Rumah

Karena itu, agar furnitur plastik Anda tetap kinclong dan bebas jamur selama bertahun-tahun, pembersihan rutin harus dilakukan.

Mulai dari menyingkirkan debu setiap hari sehingga mencucinya dengan cuka atau sabun cuci piring minimal satu bulan sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com