Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Bau Plastik Terbakar di Rumah Anda? Mungkin Ini Penyebabnya

Kompas.com - 18/03/2024, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak bau tak sedap yang dapat muncul di dalam rumah Anda. Salah satunya adalah bau seperti plastik terbakar.

Bau ini mudah dikenali karena karena memiliki aroma senyawa kimia yang tajam dan menusuk hidung.

Meskipun Anda belum pernah menemukan plastik terbakar sebelumnya, begitu Anda mencium baunya, tentu ada sesuatu yang tidak beres.

Mencium bau plastik terbakar padahal tidak ada sumber bau yang jelas merupakan hal yang mengkhawatirkan.

Baca juga: Kenali, Tiga Penyebab Sofa Kulit Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Dikutip dari laman The Spruce, penyebabnya mungkin sesuatu yang tidak berbahaya, atau bisa juga merupakan situasi yang lebih berisiko dan harus segera diperiksa.

Bau plastik yang terbakar dapat berasal dari plastik yang benar-benar terbakar, seperti peralatan memasak plastik yang meleleh di atas kompor panas, atau aksesori rambut plastik yang jatuh di atas kompor.

Sayangnya, bau plastik terbakar tidak selalu mudah ditemukan. Salah satu penyebab paling mengkhawatirkan dari bau plastik terbakar adalah kabel listrik yang rusak.

Baca juga: Mengapa Karpet di Rumah Anda Mengeluarkan Bau Tak Sedap?

Kabel listrik berkualitas rendah dapat menjadi terlalu panas dan menyebabkan komponen di dalamnya terbakar termasuk insulasi dan konektor, dan lainnya.

Potongan-potongan ini biasanya berada di dalam sehingga sulit untuk mengetahui dari mana bau itu berasal.

Selain itu, jika stop kontak di sistem kelistrikan di rumah terbebani terlalu banyak, maka dapat menyebabkannya menjadi terlalu panas, yang dapat melelehkan berbagai komponen plastik di dalamnya. 

Karena bau plastik yang terbakar mungkin berasal dari sistem kelistrikan yang tidak berfungsi atau stop kontak kelebihan beban, penting untuk bertindak cepat untuk mencegah api mulai menyebar.

Tentukan dari mana Anda memperkirakan bau itu berasal. Jika ada peralatan atau area tertentu yang menimbulkan bau, matikan dan cabut semua peralatan terkait.

Anda juga harus mematikan listrik di sekring rumah untuk memastikan tidak ada listrik yang terus mengalir.

Jika Anda tidak dapat menentukan dari mana bau plastik terbakar itu berasal, sebaiknya hubungi teknisi listrik untuk penanganan yang lebih tepat sasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com