Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Anda Harus Mengecat Dinding Interior Rumah?

Kompas.com - 03/03/2024, 15:25 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Banyak orang beranggapan, karena tidak terpapar cuaca dan sinar matahari secara langsung, dinding interior rumah tidak perlu sering dicat.

Namun demikian, meskipun dinding bagian interior tidak memerlukan perawatan sebanyak eksterior rumah, pengecatan ulang tetap dilakukan.

Dikutip dari laman Five Star Painting, soal frekuensi pengecatan, sangat tergantung pada lokasi ruangan di yang ada di dalam rumah Anda.

lorong dan koridor harus dicat ulang setiap dua hingga tiga tahun karena kedua area ini paling banyak dilewati sehingga biasanya terdapat bekas lecet hingga goresan yang banyak.

Baca juga: Ingin Cat Ulang Lemari Dapur? Sebaiknya Hindari Pilihan Warna Ini

Sedangkan kamar tidur mungkin hanya memerlukan lapisan cat baru setiap delapan hingga sepuluh tahun.

Namun untuk kamar anak-anak terutama balita, pengecatan harus dilakukan setahun sekali terutama jika banyak coretan di dinding.

Sementara itu, dinding dapur yang terkena banyak percikan minyak, uap, dan asap, maka harus dicat ulang setiap empat hingga lima tahun.

Hal ini diperlukan untuk menghilangkan noda dan bau yang menumpuk. Jangan lupa bahwa dinding dapur perlu dibersihkan dengan baik sebelum dicat.

Baca juga: 8 Warna Cat Rumah Punya Filosofi Masing-masing

Untuk area plafon rumah, biasanya tidak perlu dicat ulang lebih dari sepuluh tahun kecuali area tersebut terkena air atau terserang jamur.

Namun, jika Anda mengecat ulang seluruh ruangan, lapisan cat baru pada plafon rumah akan membantu menyeragamkan tampilan ruangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com