Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Bola Lampu Terbaik untuk Kamar Mandi Tanpa Jendela

Kompas.com - 11/12/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi tanpa kehadiran jendela bisa terlihat membosankan dan suram. Hal ini bisa membuat pemilik rumah merasa tidak bersemangat dalam menjalani hari.

Untungnya, Anda tetap bisa menyiasati ketiadaan jendela di kamar mandi dengan menggunakan pencahayaan buatan.

Meningkatkan pencahayaan di dalam kamar mandi lebih dari sekadar menggunakan bola lampu dengan watt lebih tinggi.

Ada beberapa faktor yang wajib diperhatikan untuk menghasilkan pencahayaan terbaik di kamar mandi tanpa jendela. Berikut penjelasan lengkapnya seperti dikutip dari laman Mr Electric

Baca juga: Nih Deretan Jenis Lampu yang Cocok untuk Area Plafon Rumah, Pilih yang Mana?

1. Jenis bola lampu

Ada tiga jenis bola lampu yang ada di pasaran saat ini yaitu lampu pijar halogen, lampu neon kompak (CFL), dan dioda pemancar cahaya (LED).

CFL tidak direkomendasikan untuk penggunaan di kamar mandi karena pola penggunaan lampu yang sering dinyalakan dan dimatikan akan memperpendek masa pakai bohlam.

Meskipun lampu pijar dapat berfungsi dengan baik di kamar mandi tanpa jendela, LED secara signifikan lebih hemat energi dan bertahan lebih lama.

 

2. Kecerahan bola lampu

Kecerahan bola lampu biasanya diukur dalam lumen. Bola lampu untuk penggunaan rumah tangga pada umumnya memancarkan sekitar 800 lumen.

Untuk kamar mandi tanpa jendela, pencahayaan total yang ideal adalah 2.000 lumens. Sebagai informasi, biasanya 1 watt dapat memancarkan 75 lumens.

Jadi untuk mendapatkan cahaya minimal 2.000 lumens, Anda harus menggunakan lampu berukuran 26 watt.

Penggunaan lampu di atas kepala serta ditambah lampu aksen dapat membantu menutupi kekurangan cahaya alami di kamar mandi tanpa jendela.

Baca juga: Begini Cara Tepat Mendistribusikan Lampu di Area Plafon Rumah

3. Perlengkapan lampu

Untuk kamar mandi tanpa jendela, pilih bola lampu berwarna putih yang memungkinkan cahaya masuk lebih banyak.

Bagi yang memiliki meja rias di kamar mandi, tempatkan lampu sconce di setiap sisi cermin yang akan menerangi wajah Anda dan meminimalkan bayangan dari lampu di atas kepala.

Anda juga bisa memasang saklar peredup untuk lampu yang berada di area plafon sehingga memungkinkan untuk penyesuaian tingkat pencahayaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com