Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Menggunakan Lantai Kayu di Kamar Mandi?

Kompas.com - 27/10/2023, 09:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Bath Shack

JAKARTA, KOMPAS.com -Pemasangan lantai kayu merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan pemilik rumah untuk memberikan kehangatan pada area kamar mandi.

Jika digunakan pada area lainnya di rumah, lantai kayu cenderung lebih mudah dirawat. Namun, ada beberapa kekurangan jika digunakan di kamar mandi.

Saat penghuni rumah menggunakan pancuran, bak mandi, atau baskom, air sudah pasti akan terciprat ke area lantai.

Baca juga: Ingin Pakai Lantai Kayu di Kamar Anak? Nih Sederet Kelebihannya

Ketika terkena paparan air secara terus menerus, lantai kayu bisa berpotensi rusak. Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi adalah lantai tersebut mengembang, melengkung, dan terkena noda.

Namun, masih banyak orang yang ingin menggunakan lantai kayu di kamar mandi. Selain tampilannya yang menarik, lantai kayu memberikan rasa hangat ketika diinjak dibandingkan dengan lantai ubin.

 

Jika Anda benar-benar menginginkan penggunaan lantai kayu di kamar mandi, maka Anda harus melindunginya.

Aplikasikan cairan pelapis atau sealant yang menciptakan lapisan perlindungan tak kasat mata pada kayu. Hal ini akan membuat kayu lebih tahan terhadap kerusakan air.

Baca juga: Ingin Punya Pintu Kamar Mandi dari Bahan PVC? Ini Kelebihannya

Selain mengaplikasikan cairan pelindung, setiap kali mandi, Anda harus segera membersihkan tumpahan air agar lapisan pelindung tetap terjaga.

Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan lantai pengganti lantai kayu solid adalah lantai kayu laminasi dan lantai vinyl bermotif kayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com