Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan Deretan Hal Ini Sebelum Membuat Minibar di Dapur

Kompas.com - 22/09/2023, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Keg Works

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki minibar sendiri di rumah untuk menikmati minuman bersama teman dan keluarga merupakan dambaan banyak pemilik rumah.

Salah satu lokasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menempatkan minibar adalah area dapur. Selain lebih privat, penempatan di dapur juga membuat Anda lebih mudah mengakses lemari es dan tempat cucian piring.

Ada banyak pilihan yang perlu dipertimbangkan saat Anda membangun minibar. Jadi pastikan Anda mengambil keputusan yang tepat.

Tergantung pada ukuran ruang yang tersedia, keputusan pertama yang harus Anda ambil soal permanen atau tidaknya minibar yang dibuat.

Baca juga: 3 Hal yang Wajib Dipertimbangkan Sebelum Pilih Countertop untuk Minibar Dapur

Jika ruang di area dapur Anda terbatas, Anda bisa membuat meja bar portable yang bisa Anda pindahkan atau simpan ketika tidak digunakan. Sementara bila ada ruang yang cukup, minibar permanen adalah pilihan yang tepat.

Selanjutnya, pikirkan soal tata letak dan desain yang ingin Anda wujudkan. Melakukan perencanaan akan membantu Anda menentukan ukuran bar yang tepat, jenis peralatan yang dibutuhkan serta dana yang harus dikeluarkan.

Baca juga: Cara Memilih Kulkas Terbaik untuk Minibar Dapur

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat menentukan posisi minibar dapur antara lain ketinggian langit-langit, akses terhadap sumber air, hingga posisi stop kontak listrik.

Pertimbangkan pula kenyamanan dan aksesibilitas ketika menentukan panjang meja minibar. Biasanya, Anda memerlukan jarak sekitar 5 cm di antara kursi bar agar memiliki cukup ruang untuk bergerak.

Anda juga perlu memikirkan bentuk bar yang Anda inginkan. Ada beberapa pilihan yang perlu dipertimbangkan, termasuk desain berbentuk L, berbentuk tapal kuda, atau berbentuk lurus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com