Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini agar Lantai Kayu di Ruang Tamu Anda Bisa Tahan Lama

Kompas.com - 11/09/2023, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Baca juga: Dibandingkan Keramik, Ini Alasan Anda Gunakan Lantai Beton di Teras Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai kayu merupakan salah satu pilihan penutup lantai yang cocok digunakan di area ruang tamu

Tak hanya memiliki tampilan yang indah, lantai kayu juga memiliki banyak variasi sehingga dapat disesuaikan dengan dekorasi ruang tamu. 

Meskipun termasuk material yang tahan lama, lantai kayu di ruang tamu harus dirawat dengan tepat agar tidak cepat rusak. 

Seperti dikutip dari laman House Beautiful, berikut beberapa cara perawatan lantai kayu yang bisa Anda terapkan. 

Baca juga: Ingin Gunakan Lantai Kayu di Ruang Tamu? Nih 5 Keuntungannya

1. Segera bersihkan tumpahan cairan

Jika ada cairan yang tumpah, segera bersihkan. Gunakan kain kering atau kain lembap untuk segera menyeka tumpahan tersebut.

Hindari menggunakan kain pel basah atau pel uap, karena bisa menyebabkan lebih banyak kerusakan seiring berjalannya waktu.

Karena kayu membengkak dan menyusut tergantung pada kelembapan, penting untuk menjaga tingkat kelembapan tetap rendah untuk menghindari kayu melengkung dan terbelah. 

 

2. Gunakan bantalan furnitur

Goresan adalah salah satu yang kerap dihadapi ketika Anda memiliki lantai kayu. Meskipun beberapa goresan tidak dapat dihindari, alangkah baiknya lakukan tindakan pencegahan.

Salah satu cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan menambahkan bantalan furnitur pada kaki kursi, sofa, meja, dan furnitur lain yang ada di ruang tamu. 

 

3. Singkirkan debu secara rutin

Sekalipun Anda menerapkan melarang pemakaian sepatu di dalam rumah, debu bisa ada di mana-mana lalu mengendap dan berada di antara papan lantai.

Karena itu, sangat penting untuk menyapu lantai setiap hari agar mencegah penumpukan debu yang bisa membuat goresan dan merusak permukaan lantai.

Selain menyapu, lakukan penyedotan debu setiap minggu. Langkah ini untuk memastikan remah-remah dan kotoran yang Anda lewatkan saat menyapu tidak menggores lantai kayu. 

4. Poles ulang 

Seiring waktu, ketika lantai kayu Anda mulai terlihat sedikit kusam. Karena itu, permukaan lantai kayu harus kembali dipoles minimal tiga tahun sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com