Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah, Begini Cara Memilih Kapasitas Mesin Cuci yang Tepat

Kompas.com - 15/08/2023, 18:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Haier Blog

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran mesin cuci merupakan salah satu investasi terbaik yang bisa dilakukan karena sangat membantu pekerjaan di dalam rumah tangga.

Meskipun demikian, membeli produk mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan cukup sulit dilakukan bahkan cukup banyak yang keliru membelinya.

Jika Anda memilih mesin cuci yang lebih kecil dari yang dibutuhkan, Anda mungkin melakukan proses pencucian baju lebih dari satu kali.

Sementara, bila memilih mesin yang lebih besar, bisa terjadi pemborosan air, detergen, dan listrik setiap kali mesin dioperasikan.

Jika Anda bertanya-tanya tentang cara yang tepat untuk mengukur kapasitas beban sebuah mesin cuci, ingatlah aturan praktisnya.

Baca juga: Tahukah Anda, Barang Ini Pantang Dicuci di Mesin Cuci?

Seperti dikutip dari laman Haier, kapasitas beban mesin cuci selalu diukur berdasarkan berat pakaian kering.

Jadi, jika mesin cuci memiliki kapasitas cuci 7 kg, Anda bisa memuat hingga 7 kg cucian kering untuk dibersihkan.

Cara paling efektif untuk menentukan kapasitas muat mesin cuci yang tepat untuk keluarga Anda adalah dengan menimbang berat rata-rata cucian yang Anda cuci dalam satu kali pemrosesan.

 

Setelah mengetahui hal ini, Anda bisa mencari mesin cuci dengan kapasitas mesin yang sesuai kebutuhan.

Jika Anda tinggal dalam keluarga bersama, Anda mungkin memerlukan mesin cuci yang lebih besar dengan kapasitas beban yang lebih tinggi untuk mencuci cucian semua anggota keluarga sekaligus.

Baca juga: Tepatkah Meletakkan Mesin Cuci di Kamar Mandi?

Selain mempertimbangkan kapasitas beban mesin cuci, Anda juga harus memperhatikan dimensi atau ukuran mesin cuci. Mesin cuci yang Anda beli harus pas dengan ruang yang tersedia di dalam rumah.

Jika Anda memiliki ruang terbatas maka mesin cuci bukaan atas akan menjadi pilihan ideal karena memiliki desain yang ramping daripada mesin cuci bukaan depan dengan kapasitas yang sama.

Untuk membuat pilihan yang tepat, lebih baik ukur ruang bebas yang tersedia di rumah Anda, catat ukurannya dan cari mesin cuci yang sesuai dengan ruang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com