Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Rumah Minimalis Modern Terlihat Lebih Besar? Pakai Cat Berwarna Terang Saja

Kompas.com - 28/07/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Mr. Roof

JAKARTA,KOMPAS.com - Jika Anda tertarik untuk membuat tampilan rumah minimalis modern terlihat lebih besar, tak perlu mengeluarkan dana besar untuk renovasi.

Anda hanya cukup membeli warna cat baru dan mengaplikasikannya pada dinding eksterior rumah minimalis modern.

Namun, pastikan Anda memilih warna yang tepat untuk diaplikasikan demi mendapatkan tampilan rumah minimalis modern yang diinginkan.

Warna yang kusam dapat membuat rumah Anda tampak hambar dan tidak bernyawa, sedangkan pilihan yang terlalu berani bisa terlihat menggangu.

Baca juga: Gunakan Lukisan untuk Buat Rumah Minimalis Modern Anda Terlihat Menawan

Dikutip dari laman Mr. Roof, menggunakan cat eksterior berwarna terang adalah cara terbaik untuk membuat rumah Anda terlihat lebih besar dan lebih menarik.

Warna-warna terang seperti putih, gading, abu-abu pucat, dan hijau sage memantulkan jumlah cahaya yang lebih tinggi daripada warna gelap. Hal ini menciptakan ilusi mata agar mereka yang melihat menganggap rumah lebih besar dari aslinya.

Warna putih, khususnya, telah menjadi pilihan populer di kalangan pemilik rumah selama berabad-abad karena membawa aura kemegahan pada hunian.

Baca juga: Jangan Salah! Ini Pilihan Ubin Terbaik untuk Teras Rumah Minimalis

Warna ini sangat populer untuk digunakan pada hunian bergaya klasik tradisional. Namun, tetap cocok untuk digunakan pada rumah dengan berbagai ukuran, gaya, atau lokasi.

Hindari penggunaan cat berwarna gelap pada dinding eksterior rumah karena bisa membuat rumah tampak lebih kecil.

 

Warna gelap bisa mempertegas detail dan bayangan. Jadi lebih cocok digunakan untuk aksen, seperti di area beranda, pagar, pintu, dan daun jendela.

Tak hanya membuat rumah terlihat lebih kecil, warna gelap juga menyerap lebih banyak panas dan membuat suhu di dalam rumah meningkat terutama saat musim kemarau.

Untuk membuat tampilan rumah lebih menarik, Anda bisa mengombinasikan warna terang dan gelap. Namun, jangan gunakan terlalu banyak kombinasi warna karena akan terlihat terlalu ramai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com