Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Butuh Cuka, Keramik Kamar Mandi yang Kusam pun Jadi Kinclong

Kompas.com - 06/07/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Meskipun tahan lama, salah satu masalah yang kerap muncul dari keramik kamar mandi adalah permukaan yang kusam. 

Untuk membuat keramik kamar mandi terlihat kembali kinclong, Anda memerlukan cairan pembersih tambahan yang efektif. 

Tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membersihkan keramik kamar mandi di rumah karena Anda bisa memanfaatkan bahan dapur yang selalu tersedia yakni cuka

Meskipun memiliki bau yang sangat khas, cuka lebih aman dibandingkan pembersih komersial yang dijual di pasaran. 

Baca juga: Pakai Cuka, Cara Gampang Bikin Lemari Kaca Minimalis Kembali Kinclong

Selain itu, cuka tidak merusak permukaan lantai yang keras seperti keramik dan efektif menghilangkan noda minyak dan air.

Bagian terbaiknya adalah setelah mengering, larutan cuka justru meninggalkan aroma segar dan netral di dalam kamar mandi.

Untuk membersihkan lantai keramik, Anda perlu beberapa bahan seperti cuka putih, air hangat, spons cuci piring dan handuk kering. 

Setelah itu, campurkan 1/2 cangkir cuka dengan 1 galon air hangat ke dalam ember. Kemudian aduk rata. 

Baca juga: Ternyata, Cuka Bisa Jadi Pembersih Alami Material Kayu

Celupkan spons ke dalam pembersih cuka dan bersihkan lantai. Setelah itu, Anda dapat menggunakan handuk kering untuk menyeka sisa noda basah.

Buka jendela agar udara segar mengalir ke seluruh ruangan. Dengan cara ini lantai akan lebih cepat kering dan bau cuka yang kuat akan hilang dalam waktu singkat.

 

Anda mungkin perlu menghabiskan waktu ekstra pada ubin yang memiliki noda. Terus bersihkan noda dengan larutan cuka sampai seluruhnya hilang atau memudar. 

Jika Anda memiliki noda yang sangat membandel, pertimbangkan untuk membasahi lantai dan menaburkan soda kue ke atasnya. Kemudian gosok perlahan dengan larutan air dan cuka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com