Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan Ini Sebelum Membuat Jendela di Dapur

Kompas.com - 25/06/2023, 17:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran jendela di dalam dapur perlu dipertimbangkan karena dapat memberikan cahaya alami ke dalam ruangan.

Selain itu, jendela dapur juga berperan sebagai ventilasi untuk sirkulasi udara yang lebih lancar terutama uap, panas dan asap yang dihasilkan ketika memasak. 

Sebelum membuat jendela untuk dapur di rumah, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh sang pemilik rumah.

Baca juga: Bisakah Anda Memiliki Dapur yang Tak Punya Jendela?

Estetika

Pertimbangan pertama yang harus dipikirkan sebelum menghadirkan jendela di dapur adalah estetika desain ruangan secara keseluruhan.

Beberapa pemilik rumah lebih menyukai tampilan ramping dan modern yang menekankan garis bersih dan minimalis. Karena itu, desain jendela pun harus senada.

Pemilik rumah lain mungkin lebih menyukai tampilan yang lebih tradisional atau pedesaan yang menggabungkan bahan alami seperti kayu keras.

Ukuran dan tata letak

Ukuran dan tata letak dapur juga merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat memutuskan apakah Anda menginginkan jendela di dapur.

Di dapur kecil, sebuah jendela dapat menempati ruang dinding yang biasanya digunakan untuk area penyimpanan.

Di dapur yang lebih besar, sebuah jendela dapat membantu memecah hamparan dinding yang luas dan menambah daya tarik visual.

 

Orientasi

Pertimbangan lain adalah soal orientasi dapur. Di dapur yang menghadap ke selatan, jendela dapat memberikan terlalu banyak sinar matahari langsung dan membuat ruangan menjadi hangat.

Sementara untuk dapur yang menghadap ke utara, jendela mungkin penting untuk memberikan cahaya alami agar ruangan terlihat terang.

Baca juga: Agar AC di Dapur Berumur Panjang, Begini Cara Merawatnya

Biaya

Terakhir, penting untuk mempertimbangkan biaya dan kelayakan memasang jendela dapur. Jika dapur terletak di dinding interior, menambahkan jendela mungkin memerlukan akan modifikasi struktural yang signifikan yang memerlukan biaya tinggi.

Namun, jika dapur memiliki dinding yang langsung berhubungan ke area eskterior, menambahkan jendela mungkin merupakan proses yang relatif sederhana dan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com