Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ragu Beli AC Portabel? Nih Sederet Keunggulannya

Kompas.com - 16/06/2023, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -Bagi Anda yang berdomisili di daerah beriklim tropis, kehadiran AC merupakan hal yang bisa dipertimbangkan.

Suhu udara yang semakin panas terutama saat memasuki musim kemarau membuat AC harus menjadi salah satu rencana pembelian di masa depan.

Namun bila belum memiliki dana untuk membeli AC baru baik dengan sistem split atau AC sentral, mungkin membeli AC portabel bisa menjadi solusi.

Baca juga: Perlukah Mematikan AC Saat Anda Pergi ke Keluar Rumah?

Memiliki ukuran yang compact, AC portabel memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan AC konvensional. Apa saja? Simak penjelasannya seperti dikutip dari laman My Home Climate.

Hemat energi

Pendingin udara portabel memang hanya bisa mendinginkan salah satu ruangan tempat Anda berada. Namun ini jauh lebih hemat jika Anda harus menyalakan AC sentral di seluruh rumah.

Saat menyalakan AC sentral, seluruh ruangan akan mendapatkan hembusan udara dingin. Sayangnya, tidak semua ruangan juga digunakan secara bersamaan sehingga ini merupakan pemborosan yang luar biasa.

 

Menerapkan AC portabel kecil secara strategis dapat menurunkan biaya listrik dari penggunaan AC sentral secara signifikan.

Mudah Dipindahkan

Didesain dengan mempertimbangkan mobilitas, AC portabel bisa dengan mudah dipindahkan. Terlebih, beberapa AC sudah dilengkapi dengan roda yang mempermudah pengguna.

Anda bisa menggunakan AC di ruang makan atau dapur pada siang hari dan kemudian menggesernya ke area kamar tidur di malam hari.

Namun, jika Anda berniat untuk mendinginkan ruangan terpisah pada tingkat yang berbeda, membeli dua unit bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Baca juga: Bolehkah Menyalakan AC Saat Badai Petir Tiba?

Pemasangan mudah

Pemasangan unit AC split sering dibatasi oleh pemilik gedung apartemen. Hal ini membuat para penyewa cukup kesulitan.

Kabar baiknya, Anda dapat menggunakan AC portabel. AC ini bisa dengan mudah dipasang di ruangan mana pun.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com