Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Mengapa AC di Rumah Anda Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Kompas.com - 12/06/2023, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Karena cuaca yang semakin panas, AC atau pendingin udara telah menjadi barang elektronik yang wajib ada di dalam kehidupan tiap rumah tangga masa kini.

Namun seiring waktu berjalan, pemilik rumah mungkin akan mencium bau tidak sedap seketika saat AC dinyalakan.

Bau tidak sedap dari AC mungkin disebabkan oleh banyak hal. Berikut 5 penyebab umum yang sering terjadi seperti dikutip dari laman Service Champions

Baca juga: Perhatikan, Inilah 5 Alasan AC Perlu Rutin Diservis

Bau jamur

Jika AC berbau tidak sedap saat dihidupkan, pemilik rumah paling sering mengeluhkan bau apek atau bau jamur.

Bau tidak sedap ini biasanya berasal dari beberapa sumber berbeda terutama di dalam sistem pendingin.

Untuk membantu mencegah masalah jamur dan kelembaban, perbaiki kebocoran air, drainase dan gantilah filter AC secara berkala.

Bau kaus kaki kotor

Kumparan evaporator yang kotor, panci pembuangan kondensat yang tersumbat, dan genangan air dapat menyebabkan AC mengeluarkan bau seperti kaus kaki kotor.

Untuk mengatasi masalah ini, panggil pembersih AC professional demi pembersihan yang lebih menyeluruh.

 

Bau asap rokok

Jika ada satu orang saja perokok aktif di dalam rumah Anda, baunya bisa menumpuk di filter dan koil evaporator. Jadi tidak heran, saat Anda menyalakan AC, bau asap rokok akan segera tercium.

Segera ganti filter kemudian jadwalkan penyetelan dan pembersihan profesional. Setelah itu, biasakan hanya merokok di luar ruangan.

Baca juga: Bingung Kenapa Freon AC di Rumah Anda Cepat Habis? Ini Penyebabnya

Bau Terbakar

Jika ada yang berbau seperti terbakar, mungkin memang ada salah satu komponen AC yang terbakar.
Kebakaran yang terjadi memiliki bermacam-macam penyebab. Mulai dari motor AC yang terlalu panas, masalah kabel, atau masalah mekanis lainnya.

Kadang-kadang baunya mungkin lebih mirip dengan bubuk mesiu, yang dapat mengindikasikan korsleting dari papan sirkuit AC atau motor kipas.

Hal ini merupakan masalah yang serius dan berpotensi menyebabkan kebakaran. Segera matikan sistem AC dari kotak pemutus.

Jika bau terbakar tetap ada setelah sambungan listrik dimatikan, evakuasi penghuni rumah, dan hubungi pemadam kebakaran.

Setelah dianggap aman untuk masuk kembali ke rumah, jadwalkan servis dengan teknisi AC untuk memastikan tidak ada masalah kelistrikan atau mekanis.

Bau Telur Busuk

Jika AC Anda berbau seperti telur busuk atau sampah, penyebabnya tak lain adalah hewan yang mati di dalam sistem AC Anda.

Hewan pengerat dan serangga dapat masuk ke unit kondensor luar ruangan untuk mencari perlindungan selama musim hujan. Sayangnya, bila mereka mati di dalam unit AC maka bau seperti telur busuk pun akan muncul.

Bila Anda kesulitan menemukan hewan yang mati tersebut, hubungi teknisi profesional untuk membersihkan AC serta mengidentifikasi dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh hewan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com