Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Baik-baik, Tips Menciptakan Rumah Minimalis Hemat Ongkos

Kompas.com - 05/04/2023, 17:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara menciptakan rumah minimalis yang hemat ongkos perlu diketahui agar dana pribadi yang tersimpan tidak terkuras.

Sehingga biaya yang digunakan untuk menerapkan konsep rumah minimalis sesuai dengan hitungan dan persiapan awal.

Melansir informasi dari situs The Spruce, desain minimalis saat menerapkan desain minimalis pada ruangan, pikirkan dekorasi dengan elemen penting.

Di mana hal itu yang membawa kenyamanan ruang dibandingkan aspek detail yang tidak diperlukan.

Mencakup denah lantai terbuka, furnitur fungsional, tata letak yang disengaja, palet netral, dan tekstur berlapis, sehingga semuanya terlihat kohesif.

Baca juga: Apakah Warna Cat untuk Rumah Minimalis Harus Selalu Hitam dan Putih?

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menerapkan konsep rumah minimalis ialah memikirkan fungsi ruangan dan item yang dibutuhkan.

Item yang sekiranya tidak memiliki fungsi atau hanya sekadar elemen dekoratif perlu disingkirkan dalam benak. Seperti deretan suvenir, pernak-pernik, hingga lukisan.

Maksudnya, pastikan permukaan lantai, dinding, dan furnitur, terbebas dari penumpukan item yang berpotensi menciptakan kekacauan.

Beranjak pada pemilihan furnitur, Anda harus dapat menentukan item yang akan mengisi ruangan secara tepat dan sesuai fungsi.

Misalnya, menambahkan meja kerja di kamar tidur adalah hal tidak tepat, karena kamar tidur seharusnya tempat bersantai atau bahkan beristirahat.

Tak hanya itu, pilihlah furnitur yang bisa menciptakan interior ruangan secara simetri atau seimbang. Karena pengaturan furnitur yang tepat bisa memberikan lebih banyak ruang, rapi, dan mudah dalam pemeliharaannya.

Baca juga: Cara Bikin Rumah Minimalis Anda Lebih Ramah Lingkungan

Di sisi lain, furnitur yang dipilihpun harus memiliki lebih dari satu fungsi, seperti furnitur dekoratif.

Contohnya sandaran yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan, ataupun sofa yang juga berfungsi sebagai tempat tidur.

Langkah terakhir dalam menciptakan rumah minimalis ialah selektif dalam membeli barang atau furnitur baru yang akan mengisi ruangan.

Anda mungkin bisa tidak pergi ke toko furnitur mewah yang akan menghabiskan biaya. Coba maksimalkan pencarian di toko barang bekas, toko konsinyasi, hingga pasar online.

Jika rajin menjelajahinya, sejumlah tempat tersebut bisa menjadi sumber yang bagus untuk menemukan barang sesuai kebutuhan dengan harga yang lebih terjangkau.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com