Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Merawat Lemari Kaca di Rumah agar Tahan Lama

Kompas.com - 04/04/2023, 15:35 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari kaca merupakan salah satu furnitur paling fungsional yang bisa diletakan baik di area dapur, kamar tidur bahkan ruang tamu.

Jika Anda memiliki lemari kaca di rumah, menjaganya untuk tetap bersih dan terawat bisa lebih sulit daripada merawat lemari kayu tradisional.

Agar tidak salah, berikut cara merawat lemari kaca yang ada di rumah agar bisa tahan lebih lama.

Baca juga: Keunggulan Memiliki Lemari Kaca di Dapur Anda

Lakukan pembersihan rutin

Noda pada kaca sangat mudah terlihat. Apalagi pada lemari kaca yang berada di dapur. Cipratan minyak, bekas makanan bahkan noda air dengan mudahnya menempel.

Kesalahan terbesar yang dilakukan pemilik lemari adalah menunda waktu untuk menghapus noda di kaca.

Padahal, noda tersebut dapat meresap dengan cepat dan menjadi lebih sulit dihilangkan jika Anda tidak segera menanganinya.

Jika Anda melihat percikan atau uap pada kaca yang berpotensi menimbulkan noda, segera bersihkan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Tutup lemari dengan hati-hati

Saat memiliki lemari kaca, Anda mungkin akan merawatnya dengan baik. Tetapi seiring berjalannya waktu, Anda bisa menjadi kurang berhati-hati.

Untuk mencegah kaca pecah atau kerusakan pada engsel dan bingkai, Anda sebaiknya menutup lemari dengan hati-hati dan jangan sampai membantingnya.

Memilih gagang pintu kabinet yang berkualitas akan membantu menjaga umur lemari lebih panjang.

Baca juga: Pakai Cuka, Cara Gampang Bikin Lemari Kaca Minimalis Kembali Kinclong

Gunakan pembersih kaca yang tepat

Jika ingin lemari kaca Anda tetap terlihat baru selama bertahun-tahun yang akan datang, Anda perlu membersihkannya secara teratur.

Namun, pembersihan saja tidak cukup karena Anda harus membersihkannya Anda dengan cara yang benar.

Pembersih kaca yang murah dan berkualitas rendah akan menyebabkan kaca kotor dan berkabut. Temukan pembersih kaca yang tepat agar kaca Anda tetap terlihat baru.

Selain itu, gunakan bahan yang tepat untuk membersihkan kaca. Kain lap murahan dapat mengotori kaca Anda dan bahkan menggoresnya. Gunakan waslap katun lembut atau belilah kain microfiber berkualitas tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com