Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara yang Tepat Merawat Lemari Pakaian Minimalis

Kompas.com - 02/02/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Lemari pakaian minimalis merupakan salah satu investasi yang wajib dirawat dengan baik agar bisa berumur panjang.

Mengingat jumlah barang yang tersimpan dalam lemari pakaian minimalis, maka sangat penting untuk membersihkan dan merawatnya secara teratur.

Meskipun akan memakan waktu lama, pembersihan lemari pakaian minimalis harus dilakukan baik secara internal maupun eksternal.

Baca juga: Deretan Material Lemari Sepatu Minimalis, Mana yang Terbaik?

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan lemari pakaian seperti dikutip dari laman Design Cafe


Bagian Dalam Lemari

Langkah pertama dalam membersihkan lemari adalah mengosongkan seluruh isinya, mulai dari yang ada di dalam rak sampai yang tersimpan di dalam laci.

Mengosongkan lemari pakaian Anda tidak hanya akan membantu Anda membersihkannya, tetapi juga memberi Anda visibilitas untuk seluruh area.

Setelah itu, gunakan kain lembab untuk menyeka seluruh permukaan lemari bagian dalam hingga bersih. Kemudian lap dengan kain kering.

Biarkan permukaan yang dibersihkan benar-benar kering sebelum memasukkan kembali barang-barang Anda ke dalam lemari untuk menghindari kelembaban.

Sebelum memasukan barang, lakukan penyortiran apakah ada pakaian atau barang lainnya yang sudah tak digunakan.

 

Masih banyak orang yang menyimpan barang-barang lama hanya karena nilai sentimentalnya, atau dengan harapan bahwa item akan berguna suatu saat nanti.

Padahal, menyimpan barang-barang yang tidak diperlukan hanya menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan. Karena itu, sebaiknya singkirkan barang yang tidak perlu.

Setelah itu atur barang-barang kembali. Pisahkan barang sesuai dengan kategori dan fungsinya. Misalnya mengkategorikan barang sesuai dengan warna atau tujuan pemakaian.

Baca juga: Tips Jitu Membeli Lemari Pakaian Minimalis Secara Online

Bagian Luar Lemari

Karena kontak langsung dengan lingkungan rumah, bagian luar lemari sangat rentan terkena paparan debu dan noda.

Mulailah dengan membersihkan permukaan lemari dengan kain kering yang lembut. Debu harus menghilangkan banyak kotoran dan bekas jari di permukaan.

Setelah itu, bersihkan permukaan lemari yang sudah bersih dengan sepotong kain lembab. Hindari penggunaan air yang berlebihan atau deterjen keras. Sebaiknya gunakan cairan pembersih ringan untuk menghilangkan noda.

Hindari penggunaan bahan kimia keras dan sikat berbulu kasar karena dapat menodai atau merusak permukaan lemari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com