Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aliran Air Tak Lancar? Mungkin 3 Hal Ini Penyebabnya

Kompas.com - 06/01/2023, 07:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Apakah rumah Anda memiliki aliran air keran yang kecil dan lemah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari? Aliran lemah ini menandakan Anda memiliki tekanan air yang rendah.

Tekanan air dapat diatur dan diperbaiki. Untuk rumah hunian, tekanan air keran yang normal adalah 40–60 pound per square inch (psi). Untuk menghitungnya, Anda bisa menggunakan alat ukur pressure gauge.

Pressure gauge biasanya berbentuk dial dengan sebuah ujung yang dapat digunakan untuk mengukur udara, air, dan minyak. Ada pula yang hanya dapat mengukur air, tergantung jenisnya.

Ketika mengukur tekanan air, sambungkan ujung ini dengan keran air. Nyalakan keran dan biarkan dial mengukur tekanan air. Jika terdapat air yang menyelinap keluar atau bocor, Anda tidak memasang pressure gauge dengan benar.

Biasanya alat ukur ini bisa dipasangkan di keran air dengan sambungan selang yang terpasang di keran air. Jika tidak memiliki sambungan ini, Anda juga bisa menggunakan sambungan selang air mesin cuci yang biasa dipasang di keran air.

Kendala ini umum terjadi di berbagai rumah maupun daerah hunian, penyebabnya pun beragam. Berikut beberapa penyebab yang dapat menyebabkan tekanan air di rumah Anda rendah:

1. Katup pipa air yang tidak terbuka penuh
Kendala yang paling tidak disadari sebagian besar orang adalah katup pipa yang tidak terbuka sempurna. Ketika katup tidak terbuka sempurna, air yang mengalir juga lebih sedikit.

Hal ini mungkin tidak akan berpengaruh besar jika hanya membuka satu keran air di rumah. Namun, jika terdapat beberapa keran yang dibuka, air dalam pipa perlu didistribusikan ke banyak tempat. Inilah yang sering menjadi masalah.

2. Kendala pada pipa air
Selain kendala bukaan katup, kendala lainnya juga sering menyerang pipa air. Kendala-kendala ini bisa seperti pipa air yang kotor dan tersumbat, pemilihan pipa air yang terlalu kecil, pipa air yang terlalu panjang dan berbelok sehingga memakan waktu lama untuk air mengalir, adanya kebocoran, dan lainnya.

3. Tidak menggunakan pompa air
Salah satu solusi yang dapat membantu tekanan air adalah dengan menggunakan pompa air. Pompa air membantu aliran air lebih cepat dan konstan. Meski begitu, pastikan Anda membeli pompa air yang sesuai dengan kebutuhan hunian Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com