Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Beli Hunian, Ketahui Apa Itu Townhouse

Kompas.com - 16/12/2022, 13:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Forbes

JAKARTA,KOMPAS.com - Bagi yang ingin membeli hunian baru, mungkin Anda pernah mendengar tentang istilah townhouse.

Istilah townhouse sangat penting diketahui agar bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum Anda akhirnya membeli rumah baru.

Seperti dikutip dari Forbes, townhouse merupakan satu unit rumah, baik memiliki satu lantai atau lebih dan berbagi satu atau dua dinding dengan unit lain di sebelahnya.

Pembagian tersebut juga termasuk berbagi fitur lain seperti pekarangan dan fasilitas, meskipun biasanya dilengkapi dengan pintu masuknya sendiri-sendiri.

Baca juga: Siap-siap, Awal Tahun 2023 Harga Baru Rumah Subsidi Terbit

Jenis rumah townhouse biasanya berukuran lebih kecil dari rumah keluarga tunggal yang ada di area perumahan.

Meskipun rumah yang berdiri sendiri dapat berdekatan satu sama lain, namun harus dicatat bahwa sebuah rumah tidak dianggap sebagai townhouse jika tidak berdampingan dengan unit lain.

Selain itu, meskipun townhouse berada dalam deretan unit saling berhubungan, setiap unit dimiliki secara individual dan mungkin menjadi bagian dari asosiasi pemilik rumah (HOA).

 

Sebagai informasi, HOA merupakan badan hukum formal yang dibuat untuk mempertahankan area umum di sebuah kompleks hunian.

Badan ini juga memiliki wewenang untuk menegakkan pembatasan akta antara satu hunian dengan hunian lainnya.

Meskipun townhouse umumnya lebih murah daripada rumah keluarga tunggal, namun harga belinya sangat tergantung kepada berbagai faktor.

Baca juga: Dua Tahun Lagi, Dubai akan Punya 10.000 Vila dan Townhouse Baru

Lokasi, ukuran, permintaan pasar, opsi pembiayaan serta fasilitas yang tersedia turut mempengaruhi harga sebuah townhouse.

Jadi harga sebuah unit townhouse sangat Anda akan bervariasi tergantung pada apakah Anda memilih untuk membeli atau membangun townhouse.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com