Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Plafon Gypsum Dapat Bertahan?

Kompas.com - 09/12/2022, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Plafon gypsum merupakan salah satu pilihan plafon berdesain modern yang bisa digunakan di hunian.

Selain tampilannya yang menawan, plafon gypsum juga mudah dipasang sehingga tak perlu mempekerjakan tukang dengan keahlian khusus.

Salah satu kekhawatiran utama setiap pemilik rumah adalah tentang daya tahan dan cara perawatan plafon gypsum di kemudian hari.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Harus Menggunakan Plafon Gypsum Minimalis di Rumah

Menurut laman Contractor Bhai, plafon gypsum memiliki daya tahan yang kuat dan bisa kokoh hingga puluhan tahun.

Durasi kekuatan plafon diperkirakan mencapai 15 hingga 20 tahun. Jadi ketika terjadi kerusakan eksternal, mungkin karena proses pemasangan dan perawatan yang salah.

Namun jika terjadi kerusakan, plafon Gypsum bisa dengan mudah diperbaiki karena berbentuk lembaran. Terlebih ukurannya puntidak terlalu besar.

Lembaran yang telah rusak tersebut dapat dibuka, diperbaiki dan dipasang kembali. Ini bisa Anda lakukan tanpa mengganggu atau merusak seluruh instalasi plafon.

 

Plafon gypsum juga sangat mudah dirawat dan tidak diperlukan perlakuan khusus. Untuk debu yang bertumpuk, dapat dapat dibersihkan dengan sapu atau kain lap.

Saat membersihkan plafon, Anda perlu berhati-hati agar tidak terkena air. Air dapat merusak lapisan gypsum dan menurunkan daya tahannya.

Baca juga: Sebelum Beli, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Plafon Gypsum Minimalis

Untuk membuat rumah Anda tampak lebih elegan dan kontemporer, Anda dapat menggunakan wallpaper menutupi seluruh area plafon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com