Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Hal Berikut Bila Ingin Kondominium Anda Dilirik Konsumen

Kompas.com - 26/11/2022, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Kondominium merupakan salah satu investasi properti yang menjanjikan keuntungan besar. Terutama bila didukung oleh lokasi dan fasilitas yang memadai.

Namun, bagi para pemilik kondominium yang hendak menyewakan atau menjual unitnya kembali, harus bersaing dengan pemilik lainnya untuk menarik pembeli.

Agar kondominium Anda dilirik lebih banyak orang, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan seperti dikutip dari World Construction Today.

Ganti peralatan usang

Tidak peduli seberapa berkelas bahan yang Anda gunakan untuk melakukan renovasi, namun jika tetap mempertahankan peralatan lama makan membuat kondominium Anda terlihat kuno.

Baca juga: Pasar Kondominium Stagnan, Pembeli Terpantau Wait and See

Ingat, Anda akan bersaing dengan pemilik bangunan baru serta dilengkapi dengan peralatan yang lebih modern.

Sama seperti tren dekorasi yang berubah seiring waktu, begitu pula tren peralatan. Baja tahan karat tetap menjadi favorit banyak orang karena mudah dibersihkan dan cocok dengan sebagian besar dekorasi interior.

Smart tools dengan fitur konektivitas juga semakin populer. Meningkatkan kualitas peralatan Anda dapat meningkatkan harga sewa atau jual kondominium.

Renovasi bagian tertentu

Bila kekurangan dana, renovasi total mungkin tidak bisa dilakukan. Namun, Anda bisa berfokus pada ruangan yang akan meningkatkan nilai hunian secara keseluruhan.

Kamar mandi misalnya, bisa diupgrade dengan mengganti bak mandi dengan desain yang lebih modern atau membuat bilik pancuran berdinding kaca.

Pemakaian ubin tahan air di sekitar pancuran juga diperlukan untuk mengurangi risiko kerusakan dinding dan lantai.

 

Selain kamar mandi, renovasi dapur juga dapat meningkatkan nilai unit kondominium Anda. Tidak perlu berlebihan untuk memberikan tampilan baru.

Alih-alih membuang lemari dapur Anda, lebih baik gunakan cat atau poles ulang. Ganti meja dapur lama Anda dengan penutup kayu laminasi atau ubin.

Tambahkan lapisan cat baru

Lapisan cat baru akan memberikan kehidupan baru pada interior kondominium Anda. Ini merupakan salah satu cara termurah untuk meningkatkan nilai kondominium Anda.

Saat mengecat kondominium Anda, hindari warna-warna yang terlalu berani dan cerah, meskipun itu adalah pilihan pribadi Anda.

Warna-warna netral lebih menarik bagi pembeli karena memberi mereka kebebasan untuk menambahkan sentuhan pribadi nantinya.

Baca juga: Ini Alasan Pengembang Tetap Percaya Diri Pasok Kondominium Baru

Pencahayaan

Pencahayaan dapat secara signifikan mengubah suasana ruang apa pun sehingga bisa meningkatkan nilai kondominium Anda.

Terdapat berbagai jenis lampu yang dapat membuat unit Anda terlihat estetis namun tetap menawarkan fungsionalitas.

Misalnya, menempatkan lampu di bawah kabinet dapur akan memberikan tampilan yang ramping dan modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com