Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Warna Cat Rumah yang Sejuk?

Kompas.com - 26/10/2022, 15:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA,KOMPAS.com - Banyak pilihan warna yang bisa Anda gunakan dalam desain hunian termasuk warna cat rumah yang sejuk.

Warna cat rumah yang sejuk diharapkan dapat menghilangkan stres, bahkan bisa membantu Anda tidur dengan lebih nyenyak.

Warna cat rumah yang sejuk ditandai dengan warna biru, hijau, dan ungu muda. Warna ini dapat membuat ruangan terasa lebih tenang dan nyaman ditempati.

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Depan Rumah yang Elegan

Bila warna-warna hangat mengingatkan Anda tentang panas dan sinar matahari. Sedangkan warna cat yang sejuk mengingatkan Anda tentang air dan langit, bahkan es dan salju.

Palet warna hangat terdiri dari warna oranye, merah, kuning, dan kombinasi dari warna-warna yang serupa.

Secara visual, warna yang sejuk terlihat seolah-olah memudar, membuatnya sangat cocok diaplikasikan untuk membuat ruangan yang kecil terlihat lebih besar.

 

Misalnya Anda memiliki kamar tidur atau kantor berukuran kecil dan ingin membuatnya lebih luas secara visual, cobalah cat area dinding dengan warna seperti biru muda.

Pemilihan jenis warna dapat menentukan suasana pada hunian misalnya membuat ruangan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Jika Anda tinggal di daerah yang memiliki cuaca panas sepanjang tahun, Anda mungkin lebih suka ruangan Anda dicat dengan warna-warna sejuk.

Demikian juga, jika Anda ingin merasa lebih hangat di ruangan tertentu, warna- warna hangat bisa membantu menciptakan suasana tersebut.

Baca juga: Apakah Cat Rumah Warna Cream Cocok untuk Ruang Tamu?

Hal penting yang perlu diingat ketika hendak memilih warna adalah tidak boleh digunakan terbatas untuk satu ruangan saja.

Jika Anda ingin ruangan Anda nyaman, gunakan warna-warna hangat dengan lebih dominan dan tambahkan beberapa elemen yang menggabungkan warna-warna sejuk. Seperti semua elemen dekorasi, penting untuk memiliki keseimbangan dan kontras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com