Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 5 Hal Ini Agar Ruang Tamu Kecil Minimalis Terlihat Luas

Kompas.com - 18/10/2022, 18:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Tinggal di rumah kecil minimalis memang terlihat lebih praktis. Namun, ternyata banyak hal yang harus Anda siasati.

Salah satunya adalah ukuran ruang tamu yang terbatas sehingga Anda harus menatanya dengan baik. Apalagi ruang tamu berada di bagian paling depan rumah dan menentukan kesan bagi tamu yang datang ke rumah. 

Anda harus memberikan perhatian lebih bila ingin mendekorasi ruang tamu di rumah kecil minimalis agar bisa terlihat luas dan lapang. Berikut 5 hal sederhana yang bisa dilakukan.

Baca juga: Warna Cat Terbaik untuk Dinding Ruang Tamu di Rumah Minimalis

1. Cat dinding dengan warna cerah

Untuk membuat ruang tamu Anda terlihat luas, lapisi dinding rumah menggunakan pilihan cat dengan warna-warna cerah, seperti putih, abu-abu muda, krem, dan semua warna netral lainnya.

Kelompok waran ini dapat memberikan kesan bersih dan lapang pada ruangan Anda. Warna-warna cerah juga mudah dipadukan dengan warna-warna berani agar ruangan terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

2. Sesuaikan ukuran sofa dengan ukuran ruang tamu

Ilustrasi furnitur, Ilustrasi sofa berlengan atau armchair.PEXELS/MIKHAIL NILOV Ilustrasi furnitur, Ilustrasi sofa berlengan atau armchair.

Memiliki sofa di ruangan tamu yang kecil seringkali menjadi masalah karena dianggap terlalu memakan tempat.

Namun ini bisa disiasati dengan pemilihan bentuk dan warna sofa yang tepat supaya ruang tamu Anda akan tetap terlihat proporsional.

Hindari penggunaan sofa berukuran besar karena akan membuat ruang tamu Anda terasa semakin sempit.

3. Gunakan furnitur multifungsi

Furnitur multifungsi merupakan praktis untuk menyulap ruang tamu kecil terlihat leluasa karena menciptakan banyak ruang penyimpanan.

Bila ingin meletakan rak, pilihlah jenis rak yang dapat juga berfungsi sebagai pembatas ruangan. Pilih desain rak yang ringan dan simpel agar sesuai dengan konsep hunian minimalis.

Baca juga: Ini Cara Mendesain Taman Rumah Minimalis Layaknya Seorang Profesional

4. Maksimalkan penggunaan dinding 

Walau memiliki ukuran ruang tamu yang kecil, Anda bisa mendapatkan ruang ekstra yang tersedia secara vertikal.

Gunakan rak gantung untuk memajang berbagai koleksi buku, majalah, tanaman, serta bingkai dengan foto favorit Anda.

5. Tempatkan cermin

Cermin bisa memberikan efek ilusi sehingga bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Cermin yang dipasang sebaiknya tidak berukuran terlalu kecil karena tak akan terlihat.

Cermin juga sebaiknya diletakkan menghadap langsung ke jendela atau sumber cahaya dari luar ruangan agar efek pantulannya lebih maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com