Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jitu Bikin Kamar Tidur di Rumah Minimalis Lebih Nyaman Ditempati

Kompas.com - 20/09/2022, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Untuk membuat kamar tidur di rumah minimalis terasa lebih nyaman, banyak hal yang harus dilakukan oleh penghuni rumah.

Mulai dari penataan furnitur, posisi kamar hingga desain yang diinginkan harus dipertimbangkan dengan matang agar Anda semakin betah menempati kamar tidur di rumah minimalis.

Jika ditata dengan baik, kamar tidur di rumah minimalis yang berukuran kecil pun bisa nyaman ditempati. Hal pertama yang wajib dipertimbangkan adalah kegiatan yang akan Anda lakukan di kamar tidur tersebut.

Apakah kamar tersebut juga akan difungsikan sebagai ruang kerja atau hanya untuk tidur saja? Atau ada kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti membaca atau bermain musik?

Baca juga: Bikin Istirahat Nyaman, Lampu Pijar Kuning Harus Diletakkan di Kamar Tidur

Jenis kegiatan ini akan berpengaruh pada furnitur yang akan dimasukan ke dalam kamar. Jika aktivitas yang dilakukan sudah jelas maka akan memudahkan pemilik kamar untuk mempersiapkan segala kebutuhan furnitur.

Agar menciptakan desain minimalis di kamar tidur, maka pemilihan warna cat dinding merupakan tahapan yang sangat penting.

Pilihlah cat yang netral untuk kamar tidur seperti warna putih atau hijau sage untuk menciptakan suasana tenang dan ruangan terlihat lebih luas.

Bila ukuran kamar tidur kecil, memaksimalkan fungsi ruang dengan furnitur yang sesuai dengan kebutuhan prioritas.

Misalnya Anda bisa memilih memprioritaskan ruangan untuk ruang kerja dan mengesampingkan penggunaan ruangan untuk bermusik. 

Desain kamar tidur minimalis juga sangat cocok jika ingin menghemat biaya karena tidak terlalu banyak elemen dekoratif yang wajib dihadirkan.

Posisi kamar tidur pun tak kalah penting untuk membuat kamar terasa lebih nyaman. Pertimbangkan di mana posisi jendela atau pintu, agar penataan furnitur lainnya bisa disesuaikan. 

Baca juga: Menurut Fengsui, Ini Arti Meletakkan TV di Kamar Tidur

Jika posisi kamar Anda berada di area yang memungkinkan bukaan keluar, maka kamar Anda bisa mendapatkan pasokan cahaya alami pada waktu siang.

Anda bisa meletakan tamanan untuk memberi sentuhan warna hijau pada area kamar. Jangan lupa punya pencahayaan saat malam hari agar Anda bisa beraktivitas dengan baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com