Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Memilih Furnitur untuk Interior Rumah Minimalis

Kompas.com - 07/09/2022, 13:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com- Untuk membuat konsep rumah minimalis sempurna, banyak hal yang harus dilakukan oleh pemilik rumah.

Tak hanya pemilihan material yang digunakan atau warna cat, namun juga pemilihan furnitur untuk interior rumah minimalis.

Dalam rumah minimalis, hanya barang-barang penting yang bisa digunakan. Penataan furnitur pun harus dilakukan dengan hati-hati, sambil tetap mengutamakan kesederhanaan dan keteraturan.

Nah, bagi Anda yang ingin menciptakan interior rumah minimalis yang elegan, berikut cara memilih furnitur yang tepat.

Baca juga: Terlihat Serupa, Ternyata Ini Perbedaan Antara Sofa dan Couch

Sofa

Salah satu item penting dalam desain interior bergaya minimalis adalah sofa. Pilihlah sofa yang memiliki warna-warna netral dan cerah tanpa dekorasi dan detail.

Alih-alih menggunakan sofa berukuran mini dalam jumlah banyak, sebaiknya pilih sofa multi-seater berukuran besar. Sofa jenis ini bisa disusun berjauhan untuk menciptakan kesan terbuka pada sebuah ruangan.

Karpet

Rumah minimalis sebaiknya tidak didekorasi dengan karpet yang memiliki desain ramai dan penuh warna seperti karpet persia. 

Gaya desain minimalis sangat menghindari adanya garis yang rumit dengan banyak sudut serta lekukan.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan karpet area dengan desain yang sederhana, sedikit detail, dan memiliki warna-warna netral.

Lampu

Ilustrasi lampu LED di dalam rumah minimalisUNSPLASH/GRANT DURR Ilustrasi lampu LED di dalam rumah minimalis
Peran lampu dalam rumah bergaya minimalis sangatlah penting. Untuk menerangi rumah, hindari penggunaan lampu gantung yang mencolok dengan desain yang rumit.

Meski begitu, lampu gantung sederhana dan modern yang komponennya didesain dengan garis-garis sederhana bisa menjadi pilihan tepat.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Tips Pilih Lampu Gantung Sesuai Ukuran Ruang

Meja

Saat mendekorasi meja dengan gaya minimalis, vas dekoratif atau kandil sederhana bisa digunakan untuk mempertahankan rasa kedamaian dalam ruangan.

Tak hanya dekorasi, warna meja yang dipilih juga harus menggunakan warna-warna netral seperti hitam, putih atau cokelat.

Hiasan dinding

Ketika memilih hiasan dinding, Anda harus pastikan bahwa tampilan yang dihadirkan sederhana. Misalnya, dari beragam gaya lukisan yang tersedia, seni abstrak adalah salah satu gaya lukisan paling terkenal untuk rumah bergaya minimalis.

Namun, Anda bisa menempatkan satu atau dua hiasan dinding dengan gambar mencolok untuk menghidupkan suasana dalam rumah minimalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com